Show simple item record

dc.contributor.authorSardin
dc.contributor.authorPurnomo, Mega Eriska Rosari
dc.date.accessioned2015-05-18T06:46:46Z
dc.date.available2015-05-18T06:46:46Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Dwijanto. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematik Mahasiswa. Disertasi UPI. Tidak diterbitkan. [2] Hamzah. 2008. Teori Belajar Konstruktivisme. http://www.duniaguru.com. Diakses tanggal 3 Maret 2015 [3] Johnson, E.B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Terjemahan Prof. Dr. A. Chaedar Alwasilah. Jakarta: Penerbit MLC. [4] Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A, Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran. [5] Khabibah, S. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi UNESA. Tidak diterbitkan. [6] Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media. [7] Michalko, M. 2005. CQ: Apakah Anda Kreatif? Cara Ampuh Meningkatkan Kecerdasan Anda. Terjemahan Rekha Trimaryoan. Jakarta: Prestasi Pustakarya. [8] Munandar. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo. [9] Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas. [10] Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. [11] Siswono, T.E.Y. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi UNESA. Tidak diterbitkan. [12] Turnudi, 2008. Landasan Filsafat Dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif). Jakarta : Leuser Cita Pustaka. [13] Supriadi. 1994. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta. [14] Wasis. 2006. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelaajran Sains- Fisika SMP. Cakrawala Pendidikan, XXV. 1: 1-16. [15] Webb, N.L. 1993. Assesment for The Mathemtics Classroom. Dalam Webb, N.L. & Coxford, A.F. (Eds.), Assessment in The Mathematics Classroom (pp 1-6). Reston, Vriginia: NCTM.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5986
dc.description.abstractContextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan yang bersifat sementara, melainkan siswa dibekali penguasaan pengetahuan matematika untuk menghadapi tantangan masa depan. Pada aktivitas CTL, siswa mengajukan masalah-masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan nyata, kemudian dibimbing secara bertahap oleh guru untuk menemukan solusi permasalahan dan menguasai konsep-konsep matematika. Selama proses pembimbingan oleh guru, antarsiswa melakukan diskusi, menerima berbagai masukan agar mampu mengembangkan konsep yang telah dimiliki. Melalui CTL, siswa akan terampil untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Selain itu, kegiatan pembelajaran matematika dengan CTL mampu membuat siswa berkembang daya nalarnya sehingga menjadi pribadi yang kreatif dan kritis. Kreativitas matematika siswa terbentuk dengan cara menghubungkan/menemukan masalah-masalah kontekstual di lingkungan sekitarnya, kemudian dengan kemampuannya siswa mengkonstruksi, merancang, dan membuat model matematikanya, kemudian mengkomunikasikan solusi dari masalah tersebut kepada guru maupun teman-temannya. Kegiatan tersebut tentunya akan menumbuhkan pikiran kreatif siswa. Oleh karena itu, penerapan CTL dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun menciptakan pengetahuan baru.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL)in_ID
dc.subjectkreativitas matematikain_ID
dc.titleContextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record