Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar
geometri analitik berbasis guided discovery yang dapat memfasilitasi
pencapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan
matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan 2) Menelaah kualitas bahan
ajar berbasis guided discovery dilihat dari hasil penilaian validator. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development)yang terdiri atas tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan, tahap
pengembangan, dan tahap validasi. Tahap pendahuluan meliputi: melakukan
analisis (analisis karakteristik mahasiswa, analisis kompetensi, analisis tujuan
pembelajaran), menentukan karakteristik kelas dan peran dosen, dan
menetapkan tujuan teoritis. Tahap pengembangan meliputi: pembuatan desain
produk dan pengembangan produk. Tahap validasi meliputi validasi ahli,
analisis konseptual, dan revisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar penilaian bahan ajar. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar
geometri analitik berbasis guided discovery yang layak untuk memfasilitasi
kemampuan berpikir kritis. Penyampaian materi diawali dengan masalah untuk
mengkonstruksi pemahaman mahasiswa mengenai materi yang akan dipelajari
yang dikaitkan dengan materi yang sudah pernah dipelajari, aktivitas
mahasiswa, kegiatan penemuan, diskusi, contoh soal, tugas mandiri, refleksi,
dan uji kompetensi. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi
kriteria kelayakan bahan ajar. Hasil penilaian oleh validator menunjukkan
bahwa bahan ajar sudah mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase
keidealan 90,75%.