dc.contributor.author | Crismono, Prima Cristi | |
dc.date.accessioned | 2015-05-18T08:09:20Z | |
dc.date.available | 2015-05-18T08:09:20Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka [2] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta [3] Kartono, Kartini. 2012. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung : Mandar Maju [4] Pambudi, 2005. Dampak Pembelajaran Matematika di Luar Kelas ( Outdoor Mathematics ) Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Sikap Demokratis Siswa. Jember : Majalah Pancaran Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember [5] Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung : Tarsito [6] Tim MKPBM Jurusan Matematika. 2010. Sistem Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA. [7] Uyanto, Stanislausn S. 2009. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5993 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode
pembelajaran matematika di luar kelas terhadap perubahan sikap siswa
terhadap matematika pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri I Tempurejo pada sub pokok bahasan skala, (2) pengaruh metode
pembelajaran matematika di luar kelas terhadap hasil belajar siswa kelas
VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo. Metode
pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dokumentasi,
observasi dan interviu. Analisis data yang digunakan adalah uji peringkat
bertanda Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh sikap dan uji t-test untuk
mengetahui pengaruh hasil belajar siswa. Untuk mengetahui heterogenitas
kelas digunakan nilai tes tulis penerimaan siswa baru Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Tempurejo. Kesimpulan dari penelitian antara lain: (1)
Metode pembelajaran matematika di luar kelas berpengaruh dalam
mengubah sikap negatif siswa menjadi sikap positif terhadap matematika
pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo, (2)
Metode pembelajaran matematika di luar kelas berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa yang kurang memuaskan menjadi memuaskan atau lebih
baik pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I
Tempurejo. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | outdoor | in_ID |
dc.subject | sikap | in_ID |
dc.subject | hasil belajar | in_ID |
dc.title | Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Mathematics terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tempurejo Jember | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |