dc.identifier.citation | [1] Ariani, Niken dan Haryanto, Dany, 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka [2] Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : PT. Rineka Cipta [3] Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. [4] Baharudin, dan Esa Nur Wahyunu. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media [5] Bito, Nursia. 2009. Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Sub Materi Pokok Prisma dan Limas Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Tesis. UNESA: Pasca Sarjana. Tidak diterbitkan. [6] Dakir, 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : PT Rineka Cipta [7] Fathan, Fitria dkk, 2013. Pembelajaran Kesetimbangan Kimia dengan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, Volume 1 Nomor 1, ISSN : 2301-721x [8] Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara [9] Herman, Desrianti. 2015. Deskriptif Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Koordinat. Skripsi. UNG : Jurusan Pendidikan Matematika [9] Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media [10] Mayer, Richard E. 2009. Multimedia Learning. Yogjakarta : Pusat Pelajar [11] Mulyoto, 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka [12] Munir. 2012. Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alvabeta. [13] Rochmad, Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, Volume 3 Nomor 1, ISSN : 2086-2334 [14] Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : C.V Alfabeta. [15] Sudjana, Nana dan Rivai, Achmad. 2009. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algesnsindo [16] Sukmadinata, Nana Syaodih, 2010. Metode Pnenelitian Pendidikan. Bandung : Rosda Karya [17] Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta [18] Suseno, Putri Utami. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Vido Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untyk Sub Materi Segiempat di Kelas VII SMP. Skripsi. UNG : Jurusan Pendidikan Matematika Tidak diterbitkan [19] Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara | in_ID |
dc.description.abstract | Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang guru idealnya harus
mampu mengelola proses pembelajaran yang dapat memotivasi, kreatif, serta inovatif untuk
menciptakan perangkat pembelajaran yang baik untuk peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran instructional video berbasis multimedia untuk
materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media
instructional video untuk sub materi sistem koordinat pada titik. Penelitian pengembangan ini
menggunakan pendekatan deskriptif dan dengan model pengembangan 4D (four D models), yang
meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (desseminate). Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan
(develop). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 di SMP Negeri 1 Limboto. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media instructional video berbasis
multimedia adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 98%, dan tes hasil
belajar memberikan informasi bahwa 83% peserta didik yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini
menunjukkan bahwa media instructional video berbasis multimedia dapat digunakan dalam proses
pembelajaran sebagai media pembelajaran yang baik di kelas VIII SMP, dengan didukung oleh
perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara konstruktif. Media ini memiliki peran dalam
meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap penguasaan materi. | in_ID |