dc.contributor.author | Bintoro, Henry Suryo | |
dc.date.accessioned | 2015-05-18T08:50:21Z | |
dc.date.available | 2015-05-18T08:50:21Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta [2] Arikunto, Suharsimi. 1996. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara [3] _____. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. [4] Depdikbud. 1999. Bahan Pelatihan : Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. [5] Furchan, Arif, 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional [6] Negoro, S.T. dan B. Harahap. 2003. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia [7] Paimin, J. E. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara [8] Prasetyono, Dwi Sunar. Dkk. 2008. Pintar Jarimatika. Jogjakarta : Diva Press [9] Purwoto. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press. [10] Rahmawati , A. 2002. Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Mengerjakan Tugas Kokurikuler Pola Asuh Orang Tua dan Perilaku Siswa dalam Menerima Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Universitas Sebelas Maret, FKIP. [11] Sarip. 2011. Pembelajaran Matematika dengan MetodePendekatan Jarimatika Teknik Berhitung Praktispada Siswa Kelas VI SD Kedokansayang 03 Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Jurnal. Oktadika: Literasi Gaya Hidup Guru, Edisi 1, Mei 2011:31- 35 [12] Slameto. 1995. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. [13] Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi 3. Cetakan 2. Jakarta: Balai Pustaka. [14] Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 [15] Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia. [16] Wulandari, Septi Peni. 2008. Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT Kawan Pustaka. [17] Wulandari, Septi Peni. 2008. Jarimatika Penambahan dan Pengurangan. Jakarta: PT Kawan Pustaka. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6001 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan
metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU
Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah sebuah
cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak
menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang
konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara
berhitung dengan jari-jari tangan. Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira.
Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui
pengamatan dan tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di
setiap siklus. Pada siklus pertama rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 74
meningkat menjadi 81 pada siklus kedua. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat
dari 2,46 pada siklus pertama menjadi 3,13 pada siklus kedua. Sedangkan skor rata-rata
pengelolaan pembelajaran guru meningkat dari 2,64 pada siklus pertama menjadi 2,68 pada
siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada
materi operasi hitung perkalian. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Jarimatika | in_ID |
dc.subject | Perkalian | in_ID |
dc.subject | Prestasi Belajar Matematika | in_ID |
dc.title | Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |