dc.contributor.author | Suryaningsih, Ika | |
dc.contributor.author | Ningsih, Intan Dwi Astuti | |
dc.contributor.author | Prasetya, Hervian | |
dc.date.accessioned | 2015-05-19T07:27:53Z | |
dc.date.available | 2015-05-19T07:27:53Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2010.Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Kuswandi, A. 2008. Pengolahan Data.(http://aoskuswandi.blogspot.com/ 2008/ 11/pengolahan- data_06.html). Diakses pada 3Februari 2015 pada pukul 15.00 WIB. Permatasari, Rindy Jihan. 2013. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Experiential Learning dengan Teknik Outbound Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi Strata-1 pada FIP Universitas Negeri Semarang. Semarang: Tidak diterbitkan. Rubiyanto, Rubino. 2013. Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Guru SD. Surakarta: PGSD FKIP UMS. Suhendra, Haris. 2010. KKN UII Angkatan 41 Unit 78 Progam Eksistensi. Online (http://haris suhendra. kkn.dppm. uii.ac.id/files/2011/05/78-02-41-1011- 06523072.pdf Diakses pada Senin, 2 Februari 2015 pukul 11.00 WIB. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Syam, Nina W. 2009. Sosiologi Komunikasi. Bandung: Humaniora. Yusdi, Milman. 2011. Pengertian Kemampuan. Online. (http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan. html). Di akses pada Senin, 2 Februari 2015 pukul 13.00 WIB. Zulys, Agustino. 2012. “Research-in-Lined Community Service”. Dalam Citra Wardhani (Ed). Membangun Masyarakat melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset. Depok: DRPM UI. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6009 | |
dc.description.abstract | Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD merupakan
salah satu progam kerja bidang 4 HMP PGSD UMS yang memiliki tujuan untuk
meningkatkan kemampuan berinteraksi mahasiswa PGSD. Di mana dalam
pelaksanaannya memberi pembelajaran pada mahasiswa dalam menumbuhkan sikap
gotong royong. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengabdian
masyarakat dalam meningkatkan kemampuan berinteraksi mahasiswa PGSD.
Penelitian ini menggunakan tehnik analisis dengan cara triangulasi data yaitu dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diterima pada awalnya akan di
reduksi untuk dipilih data yang digunakan, kemudian di display dan pada akhirnya
akan ditarik kesimpulan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP
Universitas Muhammadiyah Surakarta. Yang peneliti jadikan responden sasaran dalam
penelitian ini adalah mahasiswa PGSD yang mengikuti kegiatan pengabdian
masyarakat. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pengabdian Masyarakat | in_ID |
dc.subject | Kemampuan Berinteraksi Gotong Royong | in_ID |
dc.title | Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi dan Menumbuhkan Rasa Gotong Royong Mahasiswa PGSD Melalui Pengabdian Masyarakat | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |