Al-Qur’an sebagai Perantara Penguatan Karakter (Religius, Toleransi dan Disiplin) Mahasiswa FKIP PGSD UMS Angkatan 2012
View/ Open
Date
2015-05-09Author
Nugraheni, Hana Navi
Erfina, Lina
Fauzi, Arfan Rifqi
Metadata
Show full item recordAbstract
Al-Qur’an Sebagai Perantara. Penguatan Karakter Mahasiswa. Surakarta : Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas
Muhammadiyah Surakarta 2012. Permasalahan yang dikaji dalam artikel ilmiah ini
adalah; (1) Apakah ada pengaruh membaca al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap
karakter Mahasiswa PGSD angkatan 2012 ; (2) Bagaimana pembiasaan membaca Al-
Qur’an di awal perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa
PGSD angkatan 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Adanya pengaruh
membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan terhadap karakter Mahasiswa Jurusan PGSD
angkatan tahun 2012 UMS; (2) bagaimana pembiasaan membaca Al-Qur’an di awal
perkuliahan dapat mempengaruhi penguatan karakter Mahasiswa PGSD angkatan
2012 UMS. Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (Library research) dengan
pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan
karakter mahasiswa PGSD angkatan tahun 2012, melalui pembiasaan membaca Al-
Qur’an di awal perkuliahan,yaitu meliputi : religius, toleransi, dan disiplin, sebagian
besar responden pun menjawab positif, yang berarti bahwa adanya keterkaitan positif
antara pembiasaan mahasiswa membaca Al-Qur’an, sebelum perkuliahan dengan
penguatan karakter mahasiswa PGSD FKIP UMS angkatan 2012. Implikasi pendidikan
Al-Qur’an dalam karakter (religius, toleransi dan disiplin) mahasiswa, adalah dengan
membiasakan diri membaca Al-Qur’an di awal perkuliahan dapat menguatkan karakter
mahasiswa.