dc.contributor.author | Fadhilah, Siti S. | |
dc.date.accessioned | 2015-06-03T01:05:02Z | |
dc.date.available | 2015-06-03T01:05:02Z | |
dc.date.issued | 2015-05 | |
dc.identifier.citation | Entang. M, 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Pengajaran Remidi. Bandung: UPI. Fadhilah, St.S, 2010. Masalah Dan Kesulitan Belajar, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press. Mohammad Zuhri. 2009. Tarjamah JUZ'AMMA. Jakarta: Pustaka Amani. Glasser, W, 2010. School Without Failure, New York: Harper & Row. Ohlsen Merle M, 2004. Guidance service in modern school, second edition New York: Harcourt Brace Jovanovich. Shertzer, Bruce and Stone. 2004. Fundamentals of Guidance. Boston: Hougton Mifflin. Ulwan Abdullah Nashih. 2005. Pendidikan Anak dalam Islam 1 (Tarbiyatul Aulad Fil Islam). Terjemahan Jamaludin Miri. Jakarta: Pustaka Amani. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6033 | |
dc.description.abstract | Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk
memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk
mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan lanjutan. Di
samping itu SD diharapkan memberikan bekal hidup minimal, agar peserta didik
dapat menyesuaikan diri di masyarakat atau di sekolah lanjutan sesuai dengan citacitanya.
Di
dalam
meraih
cita-cita
kadang-kadang
peserta
didik
menghadapi berbagai
masalah, lebih-lebih di saat krisis ekonomi dan moneter sampai saat ini. Masalahmasalah
tersebut berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan peserta didik di SD. Agar
peserta didik di SD dapat berkembang secara optimal dan dapat tercukupi
kebutuhannya, perlu adanya upaya ke arah itu untuk menylesaikannya. Setiap peserta
didik mempunyai kebutuhan yang sama tetapi berbeda proporsinya, sesuai tingkat
kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut guru sebagai pengajar, pendidik
dan pembimbing perlu memahami setiap peserta didik. karena masing-masing
memiliki perbedaan yang bersifat individual.
Bertitik tolak dari permasalahan tersebut di atas, menunjukkan betapa pentingnya
peranan guru di Sekolah Dasar dalam membantu peserta didik mengembangkan
potensi kejiwaannya yang telah didapatkan di dalam keluarga.Guru Sekolah Dasar
yang mempunyai tugas uatama mengajar, mendidik dan membimbing perlu berupaya
membantu memecahkan kesulitan belajar pada peserta didik yang menjadi tanggung
jawabnya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Peranan guru | in_ID |
dc.subject | identifikasi masalah | in_ID |
dc.subject | bentuk bimbingan di SD | in_ID |
dc.title | Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |