Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Faktor Penghambat Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor
penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM
BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi
studi kasus.Sumber data penelitian adalah informan, tempat/peristiwa, dan dokumen.
Teknik pengumpulan data adalah (1) pengamatan terlibat aktif (2) wawancara
mendalam dengan orangtua, guru, dan siswa SD Muhammadiyah Baturan
Karanganyar (3) Studi dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi
data dan informan review.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif
meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Penelitian ini
menunjukkan bahwa ada beberapa hambatan dalam usaha menanamkan karakter yang
berasal dari siswa, guru, maupun pihak keluarga/orang tua dan lingkungan.