Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Wili
dc.contributor.authorHabibah, Ummu
dc.date.accessioned2015-06-03T07:00:35Z
dc.date.available2015-06-03T07:00:35Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationAgustin, M .2005. Bermain bagi anak Usia Dini: Permasalahan dan Penanganannya. Jurnal Edukid. Vol 1 Juni 2005 Depdiknas, 2009. Peraturan Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka Dwi W, Junita & Asmawulan, Tri 2007. Perkembangan Fisik Motorik dan Bahasa.Surakarta : UMS Hurlock, Elizabeth B. 2008. Perkembangan Anak ( Edisi keenam ). Jakarta : Erlangga Mardika, I Nyoman. 2009. Pengembangan multimedia dalam pengembangan kosa katabahasa inggris di SD. Surakarta : UMS Musfiroh, Tadkiatun. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas. Masitoh .2003.Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Depdiknas. Dikti. Proyek Peningkatan Pendidik Tenaga Kependidikan Pavel. 2010. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini.http://www.wattsenglish.com/for.teacher/teaching-english-to-children// (diunduh pada 2 November 2012 ). Sheppard, Philip. 2007. Music makes your child smarter (peran music dalamperkembangan anak). Jakarta: Gramedia Pustaka Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet Suyanto, Kasihani K.E. 2012. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara Wiriaatmadja, Rochiati. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. RemajaRosdakaryain_ID
dc.identifier.issn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6052
dc.description.abstractBahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang crusial bagi anak usia dini. Kecerdasan berbahasa atau kecerdasan verbal linguistic merupakan kecerdasan yang pertama kalinya muncul dari seorang anak. Pada dasarnya, penguasaan bahasa Inggris pada anak usia dini sama dengan penguasaan bahasa lainnya pada anak usia dini. Hal ini berdasarkan kepada teori penguasaan bahasa kedua ( second language acquisition atau SLA), bahwa semakin dini seorang anak belajar bahasa kedua, semakin mampu anak tersebut menguasainya. Metode pembelajaran yang interaktif, memungkinkan anak belajar dalam suasana yang menyenangkan, tidak membosankan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Hal tersebut seringkali dilupakan oleh pengajar bahasa Inggris di TK sehingga penguasaan bahasa Inggris bagi anak usia dini seringkali dianggap kurang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris anak melalui metode pembelajaran yang interaktif, pada anak kelompok A TK Pertiwi I Jirapan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing –masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaantindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif, yaitu data yang dianalisis dilaksanakan sejak pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak melalui kegiatan bernyanyi, yaitu sebeblum tindakan 44,79%, siklus I mengalami peningkatan menjadi 60,83%, siklus II mencapai 80,41%, dan siklus III mencapai 90,20%. Maka kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini ialah melalui kegiatan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak kelompok A TK Pertiwi I Jirapan Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKosa kata Bahasa Inggrisin_ID
dc.subjectanak usia diniin_ID
dc.subjectpembelajaran interaktifin_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelompok ATK Pertiwi I Jirapan 2014/2015in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record