dc.contributor.author | Marsudi, Saring | |
dc.contributor.author | Nur’aini, Enggar | |
dc.date.accessioned | 2015-06-03T07:10:47Z | |
dc.date.available | 2015-06-03T07:10:47Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Agung, iskandar, Nadiroh, dan Rumtini. 2011. Pendidikan Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Bestari Buana Murni. Afandi,M.Zainul.2014.”Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Hisbul Wathan di Sekolah Menengah Pertama(Studi Kasus SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)”(Skripsi S-1).Surakarta:FKIP UMS. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astutik,Endri Dwi. 2013.”Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW)(Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013) (Skripsi S-1). Surakarta:FKIP UMS. Dharma, Kusuma.2011.Pendidikan Karakter.Bandung: Remaja Rosdakarya. Gunawan, Heri.2012.Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Listyarti,Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Gapprint. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.Sutopo, HB. 2006. Metodelogi Penelitian Kulitatif(Dasar Teori Dan Terapan Dalam Penelitian Edisi 2). Surakarta:Universitas Sebelas Maret. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia | in_ID |
dc.identifier.issn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6056 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter
melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2)
petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan, 3)tujuan
kegiatan Hisbul Wathan, 4) bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan
karakter, 5) kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian piskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diperoleh dari sumber data. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pengelolaan pendidikan karakter melalui
kegiatan Hisbul Wathan dapat menanamkan pendidikan karakter dan ada kurikulum
yang mengaturnya. 2) Sebagai pengelola Hisbul Wathan adalah guru yang
mendapatkan SK dari kepala sekolah. 3)Tujuan kegiatan Hisbul Wathan mendidik
siswa agar memiliki karakter berbudi lihur, berjiwa nasionalisme dan melaksanakan
islam yang sebenar-benarnya. 4) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan
karakter adalah peraturan baris berbaris, kemah, tali-temali, membuat yel-yel, kegiatan
keagamaan, semaphore, dan permainan tepuk-tepuk. 5) Kandungan nilai karakter dari
kegiatan Hisbul Wathan meliputi aspek religious, disiplin, erja keras, kreatif, tanggung
jawab, mandiri, bersahabat, berani. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pengelolaan Pendidikan Karakter | in_ID |
dc.subject | Hisbul Wathan | in_ID |
dc.title | Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |