dc.contributor.author | Wulandari, Murfiah Dewi | |
dc.contributor.author | Mustikasari, Rahmawati Dewi | |
dc.date.accessioned | 2015-06-03T07:49:29Z | |
dc.date.available | 2015-06-03T07:49:29Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Undang-undang No. 23 tahun 2002 pasal 54 tentang Perlindungan Anak. Wiyani, Novan A. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Ardianti, Clamentia. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying”. Skripsi S-1 Fakultas Psikologi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata. Tohirin. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers. Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV Saputro, Anung. 2013. “Hubungan Paparan Kekerasan Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar”. Skripsi S-1 Fakultas Psikologi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mudjijanti, Fransisca. 2011. “School Bullying dan Peran Guru Dalam Mengatasinya”. Article Naskah Krida Rakyat. Terbit 12 Desember 2011. Budiarti, Suci. 2013. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Terjadinya Bullying Pada Siswa. Studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013”. Skripsi S-1 Fakultas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying:3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A. Jakarta: Grasindo. Widayanti, Costrie Ganes dan Siswati. 2009. “Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif”. Jurnal Psikologi. Volume 5. Nomor 2, Desember. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Damantari, Destiana. 2011. “Perilaku Bullying Pada Remaja Di Sekolah Ditunjau Dari Jenis Kelamin”. Skripsi S-1 Fakultas Psikologi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers 226 | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6064 | |
dc.description.abstract | Penyebab kekerasan anak di sekolah kebanyakan datang dari teman sebaya atau kakak
tingkat yang melakukan intimidasi terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying
merupakan salah satu bentuk kekerasan yang Kita tidak sadari hadir ditengah anakanak
Kita. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bullying yang terjadi diSD Negeri 3
Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjekdalam penelitian ini
adalah siswa pelaku dan atau korban bullying, kepala sekolah, dan guru-guru SD
Negeri 3 Manggung. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil
bentuk-bentuk bullying yang terjadi adalah bullying fisik bullying verbal dan bullying
psikologis. Bullying fisik berupa memukul, mendorong, meminjam barang milik orang
lain secara paksa, merusak barang-barang milik orang lain, mencubit, menendang,
menyenggol bahu, dan menarik baju teman. Bullying verbal berupa: memberi nama
julukan, menyoraki, dan membentak. Dan bullying psikologis berupa memelototi dan
memandang dengan sinis, namun bullying psikologis tidak sering terjadi seperti
bullying fisik atau bullying verbal. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Bullying | in_ID |
dc.subject | Fenomena | in_ID |
dc.subject | Kekerasan | in_ID |
dc.title | Fenomena Bullying di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |