Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa
dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling.
Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Subyek penerima
tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang
berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS
tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam
penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode
pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan
menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada
siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam
mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa
(20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan
mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa
(70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus,
terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar
I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi
Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam
pembelajaran struktur aljabar I.