Show simple item record

dc.contributor.authorFadlen, M. Zakiyan
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2015-06-20T01:55:36Z
dc.date.available2015-06-20T01:55:36Z
dc.date.issued2015-05-10
dc.identifier.citation[1] B Uno, Hamzah, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. [2] Haryono, Joko B dan Herry A Susanto. 2013. Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Bersbasis Masalah Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Prosiding. ISBN: 978-979-16353-4. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo [3] Saputra, Davis, dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Jurnal Nasional. STKIP PGRI SUMBAR. [4] Sari, Denis P dan Rustanto Rahardi. 2013. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Negeri 1 Turen Pada Pokok Bahasan Turunan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Nasional. Universitas Negeri Malang. [5] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. [6] Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.719.934.7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6128
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa (20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa (70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus, terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkeaktifan mahasiswain_ID
dc.subjectSnow Ballingin_ID
dc.titlePeningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record