Kontribusi Kemampuan Awal, Minat dan Kemandirian Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji kontribusi kemampuan awal, minat dan
kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensial, (2)
menguji kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan
Differensial,(3) menguji kontribusi minat terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan
Differensial dan (4) menguji kontribusi kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar
mata kuliah Persamaan Differensial. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif.
Populasipenelitian, seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika semester VUniversitas
Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 27 diambil dengan teknik
sampling kuota. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian, (1) tidak ada kontribusi
kemampuan awal terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensialdengan
α=0,05, (2) tidak ada kontribusi minat terhadap hasil belajar mata kuliah Persamaan
Differensialdengan α=0,05, (3) tidak ada kontribusi kemandirian mahasiswa terhadap
hasil belajar mata kuliah Persamaan Differensialdengan α=0,05, (4) tidak ada kontribusi
kemampuan awal, minat dan kemandirian mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah
Persamaan Differensialdengan α=0,05.