Show simple item record

dc.contributor.authorCahyawati, Rina Susi
dc.date.accessioned2015-12-18T01:45:02Z
dc.date.available2015-12-18T01:45:02Z
dc.date.issued2015-12-19
dc.identifier.citationAlamsyah, Isa. 2015. Humortivasi: Mengubah Dunia Melalui Tawa. Depok: AsmaNadia Publishing House. Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara. Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif. Jakarta: Indeks. Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Marahimin, Ismail. 2004. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Maurus, J. 2004. Anekdot Orang-orang Besar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press. Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini. Yogyakarta: Andi. Papana, Ramon. 2012. Kiat Tahap Awal Belajar Stand Up Comedy Indonesia (Kitab Suci). Jakarta: PT Trans Media. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Rahardi, Kunjana. 2006. Dimensi-dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga. Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rohmadi, Muhammad. 2010. Strategi Penciptaan Humor dengan Pemanfaatan Aspek-aspek Kebahasaan. Humaniora. Vol.22. No. 3, pp: 285-298. Setyawan, Toni. 2013. Stand Up Comedy Super Lucu. Yogyakarta: Tugu Publisher. Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.in_ID
dc.identifier.issn2477‐636X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6364
dc.description.abstractKurikulum 2013 telah diberlakukan di beberapa sekolah dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum ini berbasis pada teks. Salah satu teks yang diajarkan pada sekolah menengah atas adalah anekdot. Anekdot merupakan cerita singkat tentang sesuatu yang disampaikan dengan gaya humor dan menyelipkan unsur sindiran. Meskipun humor sudah menjadi bagian dari gaya hidup namun pada kenyataannya menulis teks anekdot masih menemui kesulitan. Stand Up Comedy (SUC) menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat dijadikan sebagai sarana pengembang ide sekaligus memberikan stimulus pada peserta didik untuk mengaktifkan kepekaan humor yang dimiliki. SUC dipandang dapat membantu siswa dalam memroduksi teks anekdot karena terdapat kesamaan antara anekdot dan SUC yaitu pada segi humor. Hal ini karena humor merupakan harga mati yang harus dimiliki oleh keduanya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectanecdotein_ID
dc.subjecthumorin_ID
dc.subjectstand up comedyin_ID
dc.subjectideain_ID
dc.subjectwritingin_ID
dc.titleStand Up Comaedy sebagai Sarana Pengembang Ide dalam Produksi Teks Anekdot pada Siswa SMA (Sebuah Desain Pembelajaran)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record