Stand Up Comaedy sebagai Sarana Pengembang Ide dalam Produksi Teks Anekdot pada Siswa SMA (Sebuah Desain Pembelajaran)
dc.contributor.author | Cahyawati, Rina Susi | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T01:45:02Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T01:45:02Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Alamsyah, Isa. 2015. Humortivasi: Mengubah Dunia Melalui Tawa. Depok: AsmaNadia Publishing House. Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara. Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif. Jakarta: Indeks. Hendrikus, Dori Wuwur. 1991. Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Marahimin, Ismail. 2004. Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Maurus, J. 2004. Anekdot Orang-orang Besar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Oktavianus. 2006. Analisis Wacana Lintas Bahasa. Padang: Andalas University Press. Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini. Yogyakarta: Andi. Papana, Ramon. 2012. Kiat Tahap Awal Belajar Stand Up Comedy Indonesia (Kitab Suci). Jakarta: PT Trans Media. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Rahardi, Kunjana. 2006. Dimensi-dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga. Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rohmadi, Muhammad. 2010. Strategi Penciptaan Humor dengan Pemanfaatan Aspek-aspek Kebahasaan. Humaniora. Vol.22. No. 3, pp: 285-298. Setyawan, Toni. 2013. Stand Up Comedy Super Lucu. Yogyakarta: Tugu Publisher. Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477‐636X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6364 | |
dc.description.abstract | Kurikulum 2013 telah diberlakukan di beberapa sekolah dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum ini berbasis pada teks. Salah satu teks yang diajarkan pada sekolah menengah atas adalah anekdot. Anekdot merupakan cerita singkat tentang sesuatu yang disampaikan dengan gaya humor dan menyelipkan unsur sindiran. Meskipun humor sudah menjadi bagian dari gaya hidup namun pada kenyataannya menulis teks anekdot masih menemui kesulitan. Stand Up Comedy (SUC) menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat dijadikan sebagai sarana pengembang ide sekaligus memberikan stimulus pada peserta didik untuk mengaktifkan kepekaan humor yang dimiliki. SUC dipandang dapat membantu siswa dalam memroduksi teks anekdot karena terdapat kesamaan antara anekdot dan SUC yaitu pada segi humor. Hal ini karena humor merupakan harga mati yang harus dimiliki oleh keduanya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | anecdote | in_ID |
dc.subject | humor | in_ID |
dc.subject | stand up comedy | in_ID |
dc.subject | idea | in_ID |
dc.subject | writing | in_ID |
dc.title | Stand Up Comaedy sebagai Sarana Pengembang Ide dalam Produksi Teks Anekdot pada Siswa SMA (Sebuah Desain Pembelajaran) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015
Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada Era MEA