Show simple item record

dc.contributor.authorBowo, Sigit Arif
dc.contributor.authorHariyadi
dc.date.accessioned2015-12-18T01:53:17Z
dc.date.available2015-12-18T01:53:17Z
dc.date.issued2015-12-19
dc.identifier.citationBasuki Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bowo, Sigit Arif. 2015. “Pengoptimalan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Aktif Reseptif dalam Pembelajaran Sastra” Makalah pendamping dipresentasikan pada Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, 30-31 Oktober 2015. Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. (penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:RajaGrafindo Persada. Kusaeri. 2014. Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-ruzz Media. Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. _____________. 2011. “Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. Dalam Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 10, Nomor 2, Oktober 2011. Pangemanan, Anastasia. 2015. “70 Tahun Berbahasa Indonesia: ‘Merajut Kebhinekaan Menuju Bahasa Masyarakat Ekonomi ASEAN’. Makalah pada Seminar dan Lokakarya yand diselenggarakanBadan Bahasa pada 18 Agustus 2015. Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan Riannawati. 2012. “Sastra yang Mencerahkan”. Makalah disajikan dalam seminar nasional “Sastra yang Mencerahkan Jiwa” yang diselenggarakan oleh HMP PBSID FKIP UMS, Auditorium Muh. Djazman, 19 November 2012. Sufanti, Main dan Laili Etika Rahmawati. 2012. Teori Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: FKIP UMS. Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset. Suwandi, Sarwiji. 2010. Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.in_ID
dc.identifier.issn2477‐636X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6370
dc.description.abstractIsu MEA hendaknya perlu ditanggapi dengan bijaksana. Penguatan dalam penggunaan bahasa Indonesia bagi warga sendiri perlu digalakkan oleh pemerintah. Jangan sampai MEA menjadikan masyarakat menjadi latah bahasa asing sehingga melupakan bahasa sendiri. Penguatan dalam dunia pendidikan perlu terus diuapayakan agar bahasa Indonesia tetap bermartabat. Penggunaan karya sastra dapat dijadikan sebagai upaya menumbuhkan kecintaan bahasa Indonesia. Salah satu upaya untuk pengoptimalan penggunaan karya sastra adalah dengan pelaksanaan penilaian autentik. Penilaian autentik berupaya memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. ketika ketiga ranah tersebut dikuasai dengan baik oleh siswa, maka MEA pun tidak akan memberikan ancaman bagi Negara dan justru member peluang agar baahsa Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectMEAin_ID
dc.subjectPembelajaran sastrain_ID
dc.subjectpenilaian autentikin_ID
dc.titlePenilaian Autentik Materi Sastra pada Kurikulum 2013 sebagai Upaya Menyongsong MEAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record