Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA
Abstract
Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Adapun tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan peran guru dan strategi bude Kokom dalam rangka optimalisasi pembelajaran bahasa Indonesia di era MEA. Bentuk implementasi peran guru dan strategi bude Kokom sebagai berikut.Peran guru dalam pembelajaran dapat diamati melalui penerapan proses standardisasi bahasa yang terdiri atas tiga bentuk pengajaran inti,yaitu:a) pembelajaran kaidah bahasa;b) pembelajaran istilah bahasa ;dan c) pembelajaran tata bahasa. Adapun strategi bude kokom dapat diamati melalui aspek optimalisasi pelaksanaan program BIPA; pelaksanaan program pelatihan dan kursus; pengadaan reward bagi penutur asing; penerapan standar tes UKBI; penentuan kewajiban bagi penutur asing untuk megikuti seminar dan kursus; dan pembuatan aplikasi pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif pada media internet.