dc.contributor.author | Maryati, Verweny Rochcy | |
dc.date.accessioned | 2015-12-18T01:59:45Z | |
dc.date.available | 2015-12-18T01:59:45Z | |
dc.date.issued | 2015-12-19 | |
dc.identifier.citation | Akhmad. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia . Mataram : Universitas Muhammadiyah. Chaer, Abdul dan Leone Agustina.2004. Sosiolinguistik . Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta. Chulsum, Umi dan Windy Novia.2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Surabaya: Kashiko. Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Isjoni.2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa . Bandung: : Rosdakarya. Johson & Johson. 1999. Making Cooperative Learning Work. http:// www.jstor.org, diakses pada Sabtu, 5 Desember 2015 pukul 17.00 wita. Suyatno.2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra . Surabaya : SIC. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2477‐636X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6375 | |
dc.description.abstract | Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Adapun tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan peran guru dan strategi bude Kokom dalam rangka optimalisasi pembelajaran bahasa Indonesia di era MEA. Bentuk implementasi peran guru dan strategi bude Kokom sebagai berikut.Peran guru dalam pembelajaran dapat diamati melalui penerapan proses standardisasi bahasa yang terdiri atas tiga bentuk pengajaran inti,yaitu:a) pembelajaran kaidah bahasa;b) pembelajaran istilah bahasa ;dan c) pembelajaran tata bahasa. Adapun strategi bude kokom dapat diamati melalui aspek optimalisasi pelaksanaan program BIPA; pelaksanaan program pelatihan dan kursus; pengadaan reward bagi penutur asing; penerapan standar tes UKBI; penentuan kewajiban bagi penutur asing untuk megikuti seminar dan kursus; dan pembuatan aplikasi pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif pada media internet. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | peran guru | in_ID |
dc.subject | strategi bude kokom | in_ID |
dc.subject | bahasa Indonesia | in_ID |
dc.subject | MEA | in_ID |
dc.title | Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |