MODEL PENGGALIAN POTENSI MENULIS MELALUI PENULISAN OTOBIOGRAFI
View/ Open
Date
2009-02Author
Maryadi
Sabardila, Atiqa
Prihartanti, Nanik
Markhamah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan memaparkan praktik pembelajaran penulisan otobiografi pada
mahasiswa penempuh matakuliah Komposisi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia dan Daerah, FKIP, UMS. Sumber data digali melalui dokumentasi, yakni
hasil menulis otobiografi mahasiswa, hasil tanggapan, masukan, dan penilaian pakar
bahasa tentang tulisan otobiografi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner,
wawancara dan observasi. Otobiografi dianalisis dengan metode padan dan teknik padan
referensial. Pengalaman dan informasi dianalisis dengan pendekatan hermeneutik.
Hasilnya adalah model pembelajaran otobiografi yang dapat diterapkan dalam
pembelajaran menulis. Kegiatan itu berlangsung selama enam pertemuan dan setiap
pertemuan menghasilkan satu topik. Menulis otobiografi dapat mengembangkan tiga
ranah, yaitu psikomotorik (belajar menulis dengan bahasa yang baik dan benar(, kognitif
(peningkatan pemahaman tentang sumber penggalian data yang valid), dan afektif
(penghargaan tentang pengalaman yang menyenangkan atau menyedihkan bersama
orang lain, baik keluarga, teman, guru, atau anggota masyarakat). Dengan enam kali
berlatih, mahasiswa diharapkan siap untuk menerima genre lain, yakni penulisan karya
tulis ilmiah.