Show simple item record

dc.contributor.authorMaryadi
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.contributor.authorPrihartanti, Nanik
dc.contributor.authorMarkhamah
dc.date.accessioned2012-03-26T04:28:16Z
dc.date.available2012-03-26T04:28:16Z
dc.date.issued2009-02
dc.identifier.citationJurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP, UMS. 2006. “Kumpulan Otobiografi Mahasiswa Penempuh Matakuliah Komposisi”. Tahun 2006. Khalwat Hikmat, Mauly. 2006. “Peningkatan Kemampun dan Kemandirian Mahasiswa melalui Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning)”. QAC. UMS. Kompas. 2006. “Menulis Perjalanan” . Kompas, 10 Agustus 2006. Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Maslakhah, Siti. 2005. “Menulis tidak Semudah Membaca” dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. Yogyakarta: Tiara Wacana. Masri Sareb Putra, R. 2005. Menulis: Meningkatkan dan Menjual Kecerdasan Verbal-Linguistik Anda. Malang: Dioma. M., Sudartomo. 2005. “Membangun Komunitas Tulis” dalam dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. Yogyakarta: Tiara Wacana. Sabardila, Atiqa; Agus Budi Wahyudi. 2006. “Rangkaian Teknik Pemberian Tugas, Latihan, dan Tanya-Jawab serta Teknik Parafrasa dan Identifikasi Komponen Tutur untuk Peningkatan Penguasaan Ragam Bahasa: PTK dalam Matakuliah Analisis Ragam Bahasa”. QAC. UMS. Schmidt, Laurel. 2003. Quantum Writing. Bandung: MLC Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Sufanti, Main; Isminatun; Triyatno. 2006. “Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak melalui Pola Latihan Berjenjang”. Departemen Pembinaan Tenaga Kepen-didikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (PPTK dan KPT), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Sumartono. 2003. Kecerdasan Komunikasi (Rahasia Hidup Sukses).Jakarta: Gramedia. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka. Yasin, Anas. 2000. “Pengembangan Keterampilan Menulis melalui Latihan Pengalihan Genre Wacana dan Jenis teks Hasil Penelitian Tindakan Tahap Perencanaan. Forum. Nomor 03, Tahun XXV/Edisi September 2000.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/638
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan memaparkan praktik pembelajaran penulisan otobiografi pada mahasiswa penempuh matakuliah Komposisi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP, UMS. Sumber data digali melalui dokumentasi, yakni hasil menulis otobiografi mahasiswa, hasil tanggapan, masukan, dan penilaian pakar bahasa tentang tulisan otobiografi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Otobiografi dianalisis dengan metode padan dan teknik padan referensial. Pengalaman dan informasi dianalisis dengan pendekatan hermeneutik. Hasilnya adalah model pembelajaran otobiografi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis. Kegiatan itu berlangsung selama enam pertemuan dan setiap pertemuan menghasilkan satu topik. Menulis otobiografi dapat mengembangkan tiga ranah, yaitu psikomotorik (belajar menulis dengan bahasa yang baik dan benar(, kognitif (peningkatan pemahaman tentang sumber penggalian data yang valid), dan afektif (penghargaan tentang pengalaman yang menyenangkan atau menyedihkan bersama orang lain, baik keluarga, teman, guru, atau anggota masyarakat). Dengan enam kali berlatih, mahasiswa diharapkan siap untuk menerima genre lain, yakni penulisan karya tulis ilmiah.en_US
dc.subjectmodel pembelajaran menulisen_US
dc.subjectpengembanganen_US
dc.subjectpotensi menulisen_US
dc.subjectotobiografien_US
dc.titleMODEL PENGGALIAN POTENSI MENULIS MELALUI PENULISAN OTOBIOGRAFIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record