• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 2, Agustus 2009
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 10 No. 2, Agustus 2009
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ELEMEN-ELEMEN KOMUNIKASI PADA ANAK-ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DAN PENGLIHATAN (DEAFBLIND)

    Thumbnail
    View/Open
    4. RAHMA.pdf (103.4Kb)
    Date
    2009-08
    Author
    Kusumandari, Rahma
    Sudaryono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses komunikasi pada anak-anak dengan gangguan pendengaran dan penglihatan (deafblind) serta untuk mengetahui: (1) keterampilan apa yang dimiliki oleh anak-anak deafblind untuk berkomunikasi, (2) motif apa yang mendasari dalam komunikasi, (3) upaya apa yang dapat dilakukan agar komunikasi menjadi efektif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi tidak berstruktur, wawancara dengan pedoman umum, dan dokumen. Jumlah subjek penelitian ini adalah tiga orang yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi yang terjadi pada anak-anak deafblind sama dengan proses komunikasi yang terjadi pada anak-anak lainnya hanya saja prosesnya lebih lambat dan kandungan elemennya mengandung beberapa perbedaan terkait dengan kebutuhan khusus masingmasing anak. Meski mengalami hambatan dalam segi fisik, anak-anak deafblind ini juga memiliki keterampilan yang bila dikembangkan akan membantu komunikasinya berkembang pesat. Kemauannya untuk melakukan imitasi akan membantunya mengembangkan bahasa yang bermakna yang berguna bagi komunikasinya. Komunikasi yang dilakukan oleh anak-anak deafblind ini dilandasi banyak motif, terutama motif memenuhi kebutuhan sosial. Mengembangkan komunikasi yang efektif dengan anak-anak deafblind harus memperhatikan segi keunikan dari karakter masing-masing anak.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/646
    Collections
    • Volume 10 No. 2, Agustus 2009

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PREDIKSI MASA GUNA ELEMEN STRUKTUR BETON AKIBAT PEMBEBANAN BERULANG 

      Soehardjono MD, Agoes (2009-01)
      The problem of life time of concrete structural represent matter which still need furthermore research. Existing formula still show wide scatter and the effect of repeated load to assumed not yet satisfactored. In addition ...
    • MODEL TAPAK MASJID BERDASARKAN ANALISIS REDUKSI BISING ELEMEN TAPAK 

      Hidayati, Rini; Syamsiyah, Nur Rahmawati; Nugroho, Muhammad Siam Priyono (LPPM UMS, 2009-10)
      Activity in the mosque, especially the prayers, needs a calm atmosphere so that prayers can take place khusyu’. Thus the site and its elements in it must be able to create a calm atmosphere, by reducing the sounds to ...
    • EXPERIMENTAL TESTS AND A NUMERICAL FINITE ELEMEN METHOD SIMULATION FOR MODE I FRACTURE OF INDONESIAN TIMBERS 

      Tjondro, Johannes Adhijoso; Pranata, Yosafat Aji (lppmums, 2010-05)
      Konsep mekanika retak elastic linier menggunakan asumsi dasar bahwa semua energi regangan berpengaruh terhadap penjalaran retak. Pendekatan dengan metode ini menggunakan factor intensitas tegangan untuk mengontrol beban, ...

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV