SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU SEBAGAI SEKOLAH ALTERNATIF DI SURAKARTA (P Pengkajian tentang Varian Visi, Misi, dan Model Kurikulum)
Abstract
Pendidikan secara kultural pada umumnya berada dalam lingkup, peran, fungsi, dan tujuan
yang sama. Semuanya hidup dalam upaya mengangkat dan menegakkan martabat manusia
melalui transmisi yang dimilikinya, terutama dalam bentuk transfer of knowledge dan transfer
of value. Penelitian ini meneliti visi misi sekolah, dan model kurikulum, Jenis penelitian
yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif.
Dari hasil tersebut dihasilkan simpulan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta
mengarahkan semua kegiatannya, pada visi misi masing-masing sekolah yang variatif ,
yaitu unggulan , Islami, Tauhid, Syariah Professional. Mode kurikulum Nasional (KTSP)
diacu oleh semua Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan spesifikasi yang berbeda-beda
pengembangannya pada kurikulum local dan ekstra. Kurikulum terpadu atau kurikulum
unggulan yang didesain oleh masing-masing Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta
belum terpadu secara ideal tetapi masih bersifat kurikulum pendekatan “mata pelajaran”
dan dari pelaksanaannya memadukan antara ilmu umum didekati pengamalannya atau
penjelasannya dengan dalil naqli.