dc.identifier.citation | Abu Dzar, Muhammad. 2007. Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Pendidikan Agama Islam pada Siswa SD (Studi Kasus Siswa Kelas 5 SD al-Irsyad Surakarta Tahun 2005/2006). Surakarta: FAI-UMS. Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Abdullah, Syamsuddin. 1997. Agama dan Masyarakat Pendekatan Sosiologi Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. An-Nahlawi, Abdurahman. 1991. Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Bandung: Diponegoro. DePorter, Bobbi. Hernacki, Mike. 2002. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Sosial dalam Undang-Undang SISDIKNAS. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag. D. Hendropuspito. O.C. 1990. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius Danim, Sudarwan. 2000. Metode Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Prilaku. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Fajar, Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan Hadi, Sutrisno. 1993. Metodologi Researsh Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset. Hasbullah. 1996. Kapita Selecta Pendidikan Islam. Yakarta: Raja Grafindo Persada. Katno. 2008. Manajemen Pendidikan Islam di SD Islam al-Azhar Syifa Budi Surakarta Tahun 2007. Surakarta: FAI-UMS. Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. Miles, M.B., and AM. Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Pub. Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Nottingham, Elizabeth K. 1996. Agama dan Masyarakat: Suatu Pengantar Sosiologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Purwanto, Agus. 2006. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu ar-Risalah Laweyan Surakarta. Surakarta: FAI-UMS. Rooijakkers. 1986. Innovative Teaching Strategies. Scottdale: Gorsuch Scorisbrick Publisher. Ritzer, George. Goodman, Douglas J. 2003. Teori Sosiologi Modern Edisi Kenam. Jakarta: Prenada Media. Tilaar, H.A.R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Asdi Mahasatya. Tri Sampurno, Marsudi. 2004. “Manajemen Berbasis Sekolah dan Peningkatan Mutu SDM (Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2003/2004)”. Surakarta: FAI-UMS. Yunanto. S., et. Al. 2005. Pendidikan Islam di Asia Tenggara dan di Asia Selatan (Keragaman, Permasalahan dan Strategi). Jakarta: The RIDEP Intitute-Friedrich Ebert Stiftung. | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan secara kultural pada umumnya berada dalam lingkup, peran, fungsi, dan tujuan
yang sama. Semuanya hidup dalam upaya mengangkat dan menegakkan martabat manusia
melalui transmisi yang dimilikinya, terutama dalam bentuk transfer of knowledge dan transfer
of value. Penelitian ini meneliti visi misi sekolah, dan model kurikulum, Jenis penelitian
yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif.
Dari hasil tersebut dihasilkan simpulan Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta
mengarahkan semua kegiatannya, pada visi misi masing-masing sekolah yang variatif ,
yaitu unggulan , Islami, Tauhid, Syariah Professional. Mode kurikulum Nasional (KTSP)
diacu oleh semua Sekolah Dasar Islam Terpadu dengan spesifikasi yang berbeda-beda
pengembangannya pada kurikulum local dan ekstra. Kurikulum terpadu atau kurikulum
unggulan yang didesain oleh masing-masing Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surakarta
belum terpadu secara ideal tetapi masih bersifat kurikulum pendekatan “mata pelajaran”
dan dari pelaksanaannya memadukan antara ilmu umum didekati pengamalannya atau
penjelasannya dengan dalil naqli. | en_US |