• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil V 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil V 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Daspal (Damar Aspal) sebagai Bahan Alternatif Perkerasan Jalan Pengganti Aspal Konvensional

    Thumbnail
    View/Open
    Paper_Muhammad Fachri Nasution.pdf (379.9Kb)
    Date
    2015-05-19
    Author
    Nasution, Muhammad Fachri
    Sumarsono, Agus
    Setyawan, Ary
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daspal dimaksudkan sebagai bahan pengikat campuran perkerasan jalanalternatif pengganti aspal konvensional, dibuat dari bahan yang bersifat sustainable development terdiri dari getah damar selo yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, serbuk batu bata yang berasal dari sisa renovasi rumah, dan minyak goreng curah kualitas rendah.Daspal memiliki karakteristik yang mendekati aspal kategori pen 60/70. Hasil dari karakterisasi tiga jenisdaspal yang ditinjau menghasilkan data berupanilai penetrasi secara berurutan: 66 dmm, 74 dmm, dan 60 dmm; uji titik nyala secara berurutan: 214 °C, 234 °C, dan 231 °C; berat jenis secara berurutan:1.427 gr/cm3, 1.399 gr/cm3, dan 1.382 gr/cm3; nilai daktilitas secara berurutan: 13.5 cm, 25.5 cm, 14 cm; nilai titik lembek untuk semua daspal yang lebih dari 98 oC. Berdasarkan pengujian marshall diketahui campuran perkerasan yang menggunakan bahan pengikat daspal memenuhi karakteristik campuran LASTON kecuali pada kadaroptimum bahan pengikat. Kadar daspal optimum untuk masing-masingjenisyang ditinjau adalah12%, 10%, dan 7%dengan nilai stabilitas berurutan: 564,802 kg, 700.308 kg, dan 657.606 kg; flow berurutan: 2.60 mm, 2.35 mm, dan 2.44 mm; marshall quotient berurutan: 200.87 kg/mm, 232.70 kg/mm, dan 268.34 kg/mm; rongga udara berurutan: 3.80%, 3.31%, dan 3.38%; kepadatanberurutan: 2.24 gr/cc, 2.26 gr/cc, dan 2.26 gr/cc.Perluditelitilebihlanjutadalahdurabilitasdansifat-sifatmekanik daspal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6484
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil V 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV