Kajian Literatur Theory of Mind dan Bahasa Sintaksis Pada Anak Usia Dini
View/ Open
Date
2015-06-13Author
Kusumawardhani, Dity Ayu
Suminar, Dewi Retno
Metadata
Show full item recordAbstract
Theory of mind merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini supaya anak dapat memahami diri dan juga orang lain. Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Ketika seorang anak terlibat dalam suatu interaksi atau percakapan maka anak mulai memahami orang lain dalam konteks komunikasi, oleh karena itu bahasa erat kaitannya dengan pemahaman pikiran (Miller, 2006). Bahasa merupakan prediktor terhadap munculnya pemahaman anak, yaitu theory of mind (Farrar & Maag, 2002). Bahasa adalah sistem dari komunikasi, dimana kata-kata dan berbagai bentuk kombinasi simbol tertulis lainnya, yang teratur sehingga menghasilkan sejumlah pesan (Parke, 1999). Bahasa sintaksis khususnya yang memiliki peran dalam mengembangkan theory of mind (Astington & Jenkins, 1999). Sintaksis adalah cabang ilmu (linguistik) yang menfokuskan kajian tentang kalimat (Suhardi, 2013). Anak-anak usia prasekolah juga mempelajari dan menerapkan aturan-aturan sintaksis. Mereka memperlihatkan kemajuan dalam menguasai aturan-aturan kompleks yang berkaitan dengan cara mengurutkan kata-kata.