dc.identifier.citation | Astington,J.W., & Jenkins, J. (1999). A Longitudinal Study of the relation between language and theory of min development. Developmental Psycology, 35. 1311-1320. Astington, J.W., Edward M.J. (2010). The development of theory of mind in early childhood. Encyclopedia on earlu childhood development, SKC-ECD. Berguno G. & Bowler D.M., (2004) . Communicative Interactions, Knowledge of a Second Language, and Theory of Mind in Young Children. The journal of Genetic Psychology, 165(3), 293-309. Cutting, A.L., & Dunn J.. (1999). Theory of mind, emotion understanding, language dan family background: individual differences and interrelations. Child Development, 70, 853-865. Doherty.J.M. (2009). Theory of Mind : How Children Understanding Others Thought and Feelings. Psychology Press. New York. Dunn,Brown,Slomkowski,Telsa,&Youngblade, (1991). Young children’s understanding of other people’s feelings and belief : individual differences and their antecedents. Child development. 62,1352-1366. Farrar,M.J & Maag. L. (2002). Early Language development and the emergence of a theory of mind. First language, 22, 197-213. Hurlock, E. (1997). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Larasati D., Thamrin M., Sabhan. (2011). Profil Perilaku Empati Anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak LKIA III Pontianak. (online) diakses pada tanggal 25 September 2014 darihttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1919 Lohmann, H., & Tomasello, M. (2003). The role of language in the development of false belief understanding: a training study. Child development, 74, 1130-1144 Maryani (2013). Aktifitas Otak dapat memprediksi tingkah laku anak di masa dean. (online) diakses pada tanggal 25 September 2014 dari http://www.teruskan.com/13791/aktivitas-otak-dapat-memprediksi-tingkah-laku-anak-di-masa-depan.html Miller A. Carol. (2006). Developmental Relationships Between Language and Theory of Mind. American Journal of Speech-Language Pathology, 15, 142-154. Slaughter.V., Dennis M., & Pritchard M. (2002). Theory of Mind and Peer acceptance in Preschool Children. British Journal of Developmental Psychology, 20, 545-564. Wellman,H.M., Fang, F., Liu, D., Zhu, L., & Liu, G. (2006). Scaling of Theory of Mind understandings in chinese children. Psychological science, 17 (12), 1075-1081. Wellman,H.M & Liu, D. (2004). Scaling Theory of Mind taks. Child development, 75 (2), 523-541. | in_ID |
dc.description.abstract | Theory of mind merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini supaya anak dapat memahami diri dan juga orang lain. Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Ketika seorang anak terlibat dalam suatu interaksi atau percakapan maka anak mulai memahami orang lain dalam konteks komunikasi, oleh karena itu bahasa erat kaitannya dengan pemahaman pikiran (Miller, 2006). Bahasa merupakan prediktor terhadap munculnya pemahaman anak, yaitu theory of mind (Farrar & Maag, 2002). Bahasa adalah sistem dari komunikasi, dimana kata-kata dan berbagai bentuk kombinasi simbol tertulis lainnya, yang teratur sehingga menghasilkan sejumlah pesan (Parke, 1999). Bahasa sintaksis khususnya yang memiliki peran dalam mengembangkan theory of mind (Astington & Jenkins, 1999). Sintaksis adalah cabang ilmu (linguistik) yang menfokuskan kajian tentang kalimat (Suhardi, 2013). Anak-anak usia prasekolah juga mempelajari dan menerapkan aturan-aturan sintaksis. Mereka memperlihatkan kemajuan dalam menguasai aturan-aturan kompleks yang berkaitan dengan cara mengurutkan kata-kata. | in_ID |