PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS X RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA
View/ Open
Date
2010-02Author
Purwahida, Rahmah
A. Sayuti, Suminto
Sari, Esti Swastika
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sastra di kelas XRSBI
Tahun Ajaran 2007/2008 SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu seorang guru pengampu sastra dan
para siswa di kelas X-RSBI Tahun Ajaran 2007/2008 SMA Negeri 8 Yogyakarta yang
berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi
partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa pembelajaran sastra telah berjalan optimal, dengan indikator siswa telah
menguasai kemampuan bersastra, yaitu mengapresiasi sastra dan mengekspresikan
dalam bentuk penulisan puisi dan cerpen. Keberhasilan pembelajaran sastra ditandai
dengan meningkatnya minat membaca siswa kelas X-RSBI, gemarnya siswa browsing
artikel-artikel sastra maupun bahan bacaan non-sastra dari website, dan siswa pun
membukukan puisi karyanya dalam bentuk antologi puisi. Keberhasilan pembelajaran
sastra juga disebabkan guru kelas X-RSBI memiliki keunikan, yaitu mendukung siswa
dalam menyalurkan kreativitas dan ekspresi siswa dalam kegiatan-kegiatan sastra baik
di dalam maupun di luar jam pembelajaran sekolah misalnya, pentas teater, lombalomba
membaca puisi, dan penulisan cerpen.