dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Brown, Douglas, H. 1987. Principles of Language Learning and Teaching 2nd Edition. London: Prentice Hall Regents, Inc. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif: Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora. Bandung: Pustaka Setia. Depdiknas. 2008. Panduan Pelaksanaan Pembinaan Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf internasional (SMA-BI). Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka. Herfanda, Ahmadun Yosi. 2007. “Menuju Format Baru Pengajaran Sastra”, Makalah untuk Seminar Pengajaran Bahasa dan Sastra dalam rangka Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia 10 April 2007, HMBSI FPBS UPI Bandung di Gedung PKM UPI. Ismail, Taufik. 2006. “Menggagas Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Kreatif”. Makalah. Yogyakarta: Seminar Sastra Tingkat Nasional di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Jabrohim. 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Lubis, Bersihar dan Ecky Supriyanto. 1999. “Profil: Jagoan Gundu Jadi Menteri”. Gamma. Nomor 37 Tahun I, Nopember 1999. Moleong, Lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moody, H.L.B. 1983. “Approaches to The Study of Literature: Practitioner’s View”, Teaching Literature Overseas, Languge-Based Approaches. Oxford: Pergamon Press. Muslim, M. Umar. 2007. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan KTSP”. http:// www.duniaguru.com/ Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Rahmanto, B. 2005. Metode Pengajaran Sastra untuk Sekolah Menengah Atas. Yogyakarta: Balai Pustaka. Samana, A. 1992. Sistem Pengajaran: PPSI dan Pertimbangan Metodologisnya. Yogyakarta: Kanisius. Saparie, Gunoto. 2007. Pengajaran Sastra Masih “Diomprengkan”. http://www.suarakaryaonline. com/ Sarumpaet, R. 1995. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka. Sayuti, Suminto A. 1994. Pengantar Pengajaran Puisi dalam Pengajaran Sastra (ed. Jabrohim). Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan FBPS Muhammadiyah Yogyakarta. Suhartono, Irawan. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, Nana Syaodih. 1999. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Republika. 2008. “Minat Baca Rendah”. 22 April 2008. halaman 3. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Zuchdi, Darmiyati. 1994. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sastra di kelas XRSBI
Tahun Ajaran 2007/2008 SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu seorang guru pengampu sastra dan
para siswa di kelas X-RSBI Tahun Ajaran 2007/2008 SMA Negeri 8 Yogyakarta yang
berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi
partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa pembelajaran sastra telah berjalan optimal, dengan indikator siswa telah
menguasai kemampuan bersastra, yaitu mengapresiasi sastra dan mengekspresikan
dalam bentuk penulisan puisi dan cerpen. Keberhasilan pembelajaran sastra ditandai
dengan meningkatnya minat membaca siswa kelas X-RSBI, gemarnya siswa browsing
artikel-artikel sastra maupun bahan bacaan non-sastra dari website, dan siswa pun
membukukan puisi karyanya dalam bentuk antologi puisi. Keberhasilan pembelajaran
sastra juga disebabkan guru kelas X-RSBI memiliki keunikan, yaitu mendukung siswa
dalam menyalurkan kreativitas dan ekspresi siswa dalam kegiatan-kegiatan sastra baik
di dalam maupun di luar jam pembelajaran sekolah misalnya, pentas teater, lombalomba
membaca puisi, dan penulisan cerpen. | en_US |