Kaitan Antara Aqidah Akhlak dengan Kesejahteraan Siswa di Sekolah
View/ Open
Date
2015-06-13Author
Laili, Tina Ulfatul
Prasetyaningrum, Juliani
Zuhdi, M. Najmuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi siswa-siswinya dan membuat mereka merasa sejahtera (student well-being). Kesejahteraan siswa (student well-being) di sekolah mempengaruhi hampir seluruh aspek dalam mengoptimalkan potensi dan kompetensi siswa di sekolah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kaitan antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif yang signifikan antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMP swasta di Surakarta berjumlah 87 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data uji korelasi Product Moment.. Berdasarkan hasil analisis Product Moment yang menggunakan alat bantu SPSS 19,0 For Windows Program, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,425, dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan ada kaitan positif yang sangat signifikan antara akidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Artinya semakin tinggi akidah akhlak siswa/siswi, semakin tinggi pula kesejahteraannya (student well-being). Selain itu juga ditemukan subjek penelitian memiliki tingkat aqidah akhlak dan kesejahteraan siswa di sekolah yang tergolong tinggi. Adapun sumbangan efektif variabel aqidah akhlak terhadap kesejahteraan siswa di sekolah sebesar 18% yang berarti masih ada 82% faktor lain yang mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah seperti harga diri, kontrol diri, tujuan hidup dan relasi sosial.