STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (STUDI SITUS SMA NEGERI 4 SURAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik materi pembelajaran,
interaksi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran dalam menghadapi ujian nasional
di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian dirancang dan dianalisis secara kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, dokumentasi, dan
wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan model interactive Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan
sebagai berikut. 1. Karakteristik materi pembelajaran ujian nasional meliputi: (a)
pemahaman Standar Kompetensi Lulusan, (b) perencanaan materi, (c) pengorganisasian,
(d) implementasi, dan (e) evaluasi pembelajaran. 2. Karakteristik interaksi pembelajaran
dalam menghadapi ujian meliputi: (a) mengaktifkan siswa, dalam bentuk curah pendapat
dalam proses pembelajaran dan melakukan tanya-jawab terbuka mengenai kesulitan
materi ujian nasional, (b) membangun peta konsep, (c) simulasi ujian nasional, dan (d)
membandingkan dan mensintesiskan. 3. Karakteristik aktivitas pembelajaran dalam
menghadapi ujian nasional mencakup beberapa hal antara lain, drill materi ujian
nasional, pengelompokan peringkat nilai, dan peningkatan angka kelulusan sempurna.