Show simple item record

dc.contributor.authorSaifudin, M. Fakhrur
dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2012-03-26T05:28:21Z
dc.date.available2012-03-26T05:28:21Z
dc.date.issued2010-02
dc.identifier.citationAhmad, R. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Anonim. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003. Depdiknas. ————. 2008. Peraturan Menteri No. 77 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional. Jakarta: Depdiknas. Akbar, Rufman. I. 2007. “Penelitian Kebijakan Ujian Akhir Nasional (UAN)”. Blogger. http:/ /rufmania.blogspot.com/ diakses tanggal 24 januari 2009 Balitbang. 2008. Tabel Perkembangan Angka Kelulusan. Jakarta: Depdiknas. Eid, Karim Ghada. 2005. “The Effects of Sample Size on the Equating of Test Items.” Proquest Journals. Vol. 126, Iss. 1; pg. 165, 16 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Harsono. 2007. Pembiayaan Pendidikan: Konsep Dasar Makro, Meso, dan Mikro. Yogyakarta: Surayajaya press Hayslip, Josephine B. dan Zark VanZandt. 2000. “Using National Standards and Models of Excellence as Frameworks for Accountability”, Sagepub Journals. USA: http:// jcd.sagepub.com (Diakses pada tanggal 23 April 2009) Hudojo, H. 2002. “Peta Konsep”. Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas di Jakarta tanggal 23 November 2002. Isjoni. 2007. Saatnya Pendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta: Pustaka pelajar McDaniel, Mark A., et al. 2007. “Generalizing Test-Enhanced Learning from the Laboratory to the Classroom.” Proquest Journals. Vol. 14, Iss. 2; pg. 200, 7 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Miles, Matthew B.; A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis. Sage Publication. Terjemahan. Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1997. Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress). Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Nurochim. 2008. “Mutu Pendidikan di Indonesia.” http://nurochim.multiply.com/journal/ Diakses tanggal 4 Februari 2008. O’Sullivan, Margo, 2007. “Lesson Observation and Quality in Primary Education as Contextual Teaching and Learning Processes” International Journal of Educational Development 246-260.www.elsevier.com/locate/ijedudev diakses tanggal 24 Januari 2009. Olds, Phillip R. dan Crumbley, D. Larry. 2003. Higher Grades = Higher Evaluations: Impression Management of Students. Proquest Journals. Vol. 11, Iss. 3; pg. 172, 6 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Ramesh. 2009. “Konsep Mutu.” http://tojde.anadollu.edu.tr/tojde7/reviews/ramesh. diakses 24 Januari 2009. Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. 2007. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana Sutoyo. 2008. “Pendidikan dan Aplikasinya”. http://www.e-learning-board.com/ diakses pada 23 Januari 2009 Terry, George. R. 2009. “Fungsi Manajemen”. http://www.e-dukasi.net. (diakses pada tanggal 23 April 2009) Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Yamin, Martin dan Anshari, Bashu I. 2008. Taktik Membangun Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung persada Press.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/654
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik materi pembelajaran, interaksi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran dalam menghadapi ujian nasional di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian dirancang dan dianalisis secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interactive Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1. Karakteristik materi pembelajaran ujian nasional meliputi: (a) pemahaman Standar Kompetensi Lulusan, (b) perencanaan materi, (c) pengorganisasian, (d) implementasi, dan (e) evaluasi pembelajaran. 2. Karakteristik interaksi pembelajaran dalam menghadapi ujian meliputi: (a) mengaktifkan siswa, dalam bentuk curah pendapat dalam proses pembelajaran dan melakukan tanya-jawab terbuka mengenai kesulitan materi ujian nasional, (b) membangun peta konsep, (c) simulasi ujian nasional, dan (d) membandingkan dan mensintesiskan. 3. Karakteristik aktivitas pembelajaran dalam menghadapi ujian nasional mencakup beberapa hal antara lain, drill materi ujian nasional, pengelompokan peringkat nilai, dan peningkatan angka kelulusan sempurna.en_US
dc.subjectujian nasionalen_US
dc.subjectSKLen_US
dc.subjectdrill ujian nasionalen_US
dc.subjectpengelompokan peringkat nilaien_US
dc.titleSTRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (STUDI SITUS SMA NEGERI 4 SURAKARTA)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record