dc.identifier.citation | Ahmad, R. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Anonim. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003. Depdiknas. ————. 2008. Peraturan Menteri No. 77 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional. Jakarta: Depdiknas. Akbar, Rufman. I. 2007. “Penelitian Kebijakan Ujian Akhir Nasional (UAN)”. Blogger. http:/ /rufmania.blogspot.com/ diakses tanggal 24 januari 2009 Balitbang. 2008. Tabel Perkembangan Angka Kelulusan. Jakarta: Depdiknas. Eid, Karim Ghada. 2005. “The Effects of Sample Size on the Equating of Test Items.” Proquest Journals. Vol. 126, Iss. 1; pg. 165, 16 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Harsono. 2007. Pembiayaan Pendidikan: Konsep Dasar Makro, Meso, dan Mikro. Yogyakarta: Surayajaya press Hayslip, Josephine B. dan Zark VanZandt. 2000. “Using National Standards and Models of Excellence as Frameworks for Accountability”, Sagepub Journals. USA: http:// jcd.sagepub.com (Diakses pada tanggal 23 April 2009) Hudojo, H. 2002. “Peta Konsep”. Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Perbukuan Depdiknas di Jakarta tanggal 23 November 2002. Isjoni. 2007. Saatnya Pendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta: Pustaka pelajar McDaniel, Mark A., et al. 2007. “Generalizing Test-Enhanced Learning from the Laboratory to the Classroom.” Proquest Journals. Vol. 14, Iss. 2; pg. 200, 7 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Miles, Matthew B.; A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis. Sage Publication. Terjemahan. Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1997. Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress). Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Nurochim. 2008. “Mutu Pendidikan di Indonesia.” http://nurochim.multiply.com/journal/ Diakses tanggal 4 Februari 2008. O’Sullivan, Margo, 2007. “Lesson Observation and Quality in Primary Education as Contextual Teaching and Learning Processes” International Journal of Educational Development 246-260.www.elsevier.com/locate/ijedudev diakses tanggal 24 Januari 2009. Olds, Phillip R. dan Crumbley, D. Larry. 2003. Higher Grades = Higher Evaluations: Impression Management of Students. Proquest Journals. Vol. 11, Iss. 3; pg. 172, 6 pgs diakses tanggal 22 Januari 2009 Ramesh. 2009. “Konsep Mutu.” http://tojde.anadollu.edu.tr/tojde7/reviews/ramesh. diakses 24 Januari 2009. Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. 2007. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana Sutoyo. 2008. “Pendidikan dan Aplikasinya”. http://www.e-learning-board.com/ diakses pada 23 Januari 2009 Terry, George. R. 2009. “Fungsi Manajemen”. http://www.e-dukasi.net. (diakses pada tanggal 23 April 2009) Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Yamin, Martin dan Anshari, Bashu I. 2008. Taktik Membangun Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung persada Press. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik materi pembelajaran,
interaksi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran dalam menghadapi ujian nasional
di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian dirancang dan dianalisis secara kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, dokumentasi, dan
wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan model interactive Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan
sebagai berikut. 1. Karakteristik materi pembelajaran ujian nasional meliputi: (a)
pemahaman Standar Kompetensi Lulusan, (b) perencanaan materi, (c) pengorganisasian,
(d) implementasi, dan (e) evaluasi pembelajaran. 2. Karakteristik interaksi pembelajaran
dalam menghadapi ujian meliputi: (a) mengaktifkan siswa, dalam bentuk curah pendapat
dalam proses pembelajaran dan melakukan tanya-jawab terbuka mengenai kesulitan
materi ujian nasional, (b) membangun peta konsep, (c) simulasi ujian nasional, dan (d)
membandingkan dan mensintesiskan. 3. Karakteristik aktivitas pembelajaran dalam
menghadapi ujian nasional mencakup beberapa hal antara lain, drill materi ujian
nasional, pengelompokan peringkat nilai, dan peningkatan angka kelulusan sempurna. | en_US |