EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN VAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 CILACAP AP
View/ Open
Date
2010-02Author
Saefi, Mahmud
Hardjopawiro, Kunardi
Sufanti, Main
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kompetensi apresiasi dan keaktifan siswa dalam
pembelajaran apresiasi puisi menggunakan pendekatan VAK (Visual-Auditori-
Kinestetik). Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, kajian dokumen,
angket, dan tes, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis
kritis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan VAK cukup efektif
diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Hal ini tampak dari peningkatan
keaktifan dan peningkatan kompetensi siswa. Peningkatan keaktifan siswa siklus I, II
dan III berangsur-angsur meningkat dari rata-rata 70.16%, meningkat 6.92% menjadi
77.08%, dan meningkat lagi 16.86% menjadi 87.45%. Peningkatan kompetensi kognetif
dari kondisi awal rata-rata sebesar 65.83, pada siklus I meningkat 5.84 menjadi 71.67,
pada siklus II meningkat 2.91 menjadi 74.58, dan pada siklus III meningkat sebesar
6.62 menjadi 78.33. Peningkatan kompetensi afektif terjadi dari nilai rata-rata 73.06
pada siklus I meningkat sebesar 1.93 menjadi 74.99 pada siklus II, dan meningkat lagi
sebesar 4.33 menjadi 79.32 pada siklus III. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I
sebesar 41.67% meningkat 8.33% menjadi 50% pada siklus II, dan pada siklus III
meningkat sebesar 41.67% menjadi 91.67%.