dc.identifier.citation | Ati, Hesti Mustik. 2000. “Model Pengajaran Apresiasi Puisi dengan Mengguanakan Teknik Membaca Pemahaman (MPAPTMP) (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 1999/2000)” Tesis UPI. http://diglib.upi.edu/pasca/avilable/etd-1120106- 143134. Diakses: Jumat, 06 /02 /2008, pukul 10.07 WIB. Bradway, Lauren & Barbara Albers Hill. 2003. Pola-pola Belajar: Kiat Cerdas Mencerdaskan Anak. Depok II Tengah: Abu Fira. Churiyah, Yayah. 2008. “Model Pengajaran Apresiasi Puisi dengan Kajian Semiotik Melalui Pendekatan Keterampilan Proses ( Studi eksperimen di SMP Al-Muhajirin Purwakarta)” Tesis. http://digilib.upi.edu. Tesis UPI. Diakses 21/01/2009, pukul 12.07 WIB. Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Contoh Model Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Ditjen Mandikdasmen Badan Standar Nasional Pendidikan. DePorter Bobbi. 2005a. Quantum Learning: Unleasing The Genius in You. New York: Del Publishing.Diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. ————. 2005b. Quantum Teaching: Orchestrating Student Succes . Boston: Allyn and Bacon. Diterjemahkan oleh Ary Nilandary Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa. Elting, Stephen and Arthur Firkins. 2005. “Dramatizing Poetry in the Second Language Classroom”. English Teaching: Practice and Critique. American Internasional School,Hong Kong and Departemen of Linguistic, Macquarie University, Sydney, Volume 5, Number 3, pp.127-136. Mulyasa, 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Pradopo, Rahmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rahmanto, B. 2004. Metode Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Kanisius Rockler, Michael J. 1988. Innovative Teaching Strategies. Scottsdale Arizona: Gorsuch Scarisbrick Publisher. Sudjana. 2000. Manajemen Program Pendidikan: Untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber daya Manusia. Bandung: Raja Grafindo. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta. Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Wahyuningsih, Cicilia Restu. 2005. Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Apresiasi Puisi Indonesia di SMA N 1 Bantul. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kompetensi apresiasi dan keaktifan siswa dalam
pembelajaran apresiasi puisi menggunakan pendekatan VAK (Visual-Auditori-
Kinestetik). Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, kajian dokumen,
angket, dan tes, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis
kritis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan VAK cukup efektif
diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi. Hal ini tampak dari peningkatan
keaktifan dan peningkatan kompetensi siswa. Peningkatan keaktifan siswa siklus I, II
dan III berangsur-angsur meningkat dari rata-rata 70.16%, meningkat 6.92% menjadi
77.08%, dan meningkat lagi 16.86% menjadi 87.45%. Peningkatan kompetensi kognetif
dari kondisi awal rata-rata sebesar 65.83, pada siklus I meningkat 5.84 menjadi 71.67,
pada siklus II meningkat 2.91 menjadi 74.58, dan pada siklus III meningkat sebesar
6.62 menjadi 78.33. Peningkatan kompetensi afektif terjadi dari nilai rata-rata 73.06
pada siklus I meningkat sebesar 1.93 menjadi 74.99 pada siklus II, dan meningkat lagi
sebesar 4.33 menjadi 79.32 pada siklus III. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I
sebesar 41.67% meningkat 8.33% menjadi 50% pada siklus II, dan pada siklus III
meningkat sebesar 41.67% menjadi 91.67%. | en_US |