PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 1 TAHUN AJARAN 2009/2010
View/ Open
Date
2010-02Author
Yunitawati, Azizah Malikha
Ngalim, Abdul
Sabardila, Atiqa
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB
SD Negeri Gemolong 1 Sragen pada 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan
analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil
tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan,
yang mencakup kelemahan dan kekuatan kerja siswa dan guru dalam proses belajarmengajar.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi. Peningkatan proses
ditandai dengan meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan
deskripsi, dari 65,38% pada siklus I menjadi 84,61% pada siklus II. Peningkatan kualitas
hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan
deskripsi siswa dari rentang 48-74 pada siklus I menjadi 54- 78 pada siklus II.