Show simple item record

dc.contributor.authorYunitawati, Azizah Malikha
dc.contributor.authorNgalim, Abdul
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.date.accessioned2012-03-26T05:34:11Z
dc.date.available2012-03-26T05:34:11Z
dc.date.issued2010-02
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Gunawan, Richy. 2009. “Penerapan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatipurno”. Skripsi: UNS. Keraf, Gorys.1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah. Khasanah, Izzul. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung Melalui Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan pada Siswa Kelas X Mesin 3 SMK Tunas Harapan Pati Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2008/ 2009”. (http://agupenajateng.net/2009/04/08). Diakses tanggal 10 Januari 2010. K.K.B., Rachma Dian. 2007. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Lagu Siswa Kelas XA SMA Negeri 2 Blora”. Skripsi: UNNES Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE. Parera, Jos Daniel. 1993. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga. Purwanti, Dewi. 2007. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Model Pembelajaran Pendidikan Luar Ruang dan Media Musik Klasik pada Siswa Kelas X 6 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Ajaran 2007/2008”. Skripsi: UNNES. Rahmawati, Titin. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Metode Berkunjung ke Lingkungan Sekitar (Field Ttrip) pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kulurejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2007/2008”. Skripsi: UNS. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet. Sugiyanto. 2008. “Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Kolaboratif di SMK Al-Islam Kelas X Donoyudan Kalijambe Sragen”. Skripsi: UMS. Sutama dan Main Sufanti. 2009. Pendalaman Materi PTK dan Karya Ilmiah. Surakarta: UMS. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. The Ling Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/656
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 1 Sragen pada 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan, yang mencakup kelemahan dan kekuatan kerja siswa dan guru dalam proses belajarmengajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi. Peningkatan proses ditandai dengan meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, dari 65,38% pada siklus I menjadi 84,61% pada siklus II. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan deskripsi siswa dari rentang 48-74 pada siklus I menjadi 54- 78 pada siklus II.en_US
dc.subjectmenulis karangan deskripsien_US
dc.subjectfield tripen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas (PTK)en_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 1 TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record