SISTEM INTEGRASI FASILITAS INSTITUSI PENDIDIKAN DENGAN METODE OAUTH AUTHORIZATION FRAMEWORK 2.0
View/ Open
Date
2015-10-15Author
Nugroho, Deni Kurnianto
Saputra, David Surya Aji
Ardian, Rais Rahman
Bramantara, Rama
Mustaqim, Ilmawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengelolaan lingkungan belajar dengan cara konvensional pada institusi pendidikan menimbulkan
beberapa permasalahan seperti kecurangan presensi, kekacauan penjadwalan dan sebagainya.
Sistem yang ada saat ini masih berdiri sendiri tanpa integrasi sehingga belum optimal mengatasi
masalah tersebut. Penulis memberikan solusi dengan Integrated Virtual Learning System (IVELS)
untuk mempermudah dalam pengelolaan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1)
mengintegrasikan sistem presensi, perpustakaan, peta dan penjadwalan digital menjadi sebuah sistem
terintegrasi, (2) merancangan IVELS yang dapat menyelesaikan permasalahan pelaksanaan kegiatan
akademik di lingkungan kampus, (3) menerapkan desain implementasi IVELS sehingga menjadi
sistem terintegrasi yang dapat diterapkan, dan (4) menerapkan prinsip kerja IVELS sehingga dapat
melakukan pengelolaan lingkungan belajar digital dengan baik. Metode yang digunakan dalam
kegiatan ini meliputi studi literatur, perancangan sistem, dan pembuatan sistem dengan metode
waterfall. Hasil yang dicapai adalah terciptanya sistem IVELS dengan modul yang saling terintegrasi
sehingga memudahkan pengelolaan lingkungan belajar. IVELS terintegrasi dengan metode OAuth 2.0
melalui Cloud-based API. Kesimpulannya, sistem IVELS mampu terintegrasi dengan sistem sehingga
dapat melakukan pengelolaan lingkungan belajar dengan baik.