Penerapan Pemberian Pekeriaan Rumah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pemberian pekerjaan rumah (PR) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif . Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas (I, II, III, IV, dan V), siswa (seorang siswa kelas I), (seorang siswa kelas II), (seorang siswa kelas III), (seorang siswa kelas IV), (seorang siswa kelas V) dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wa\ rancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalarn penelitian ini adalah triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Teknik analisis data yang diterapkan be.rupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) bentuk'peker;'aan rumah (PR) yang diterapkan di SD Negeri 2 Kadipaten diantaranya soal-soal dari LKS, soal-soal latihan dari buku paket, soal yang dibuat oleh guru, kerajinan tangan, karya tulis dan menghafal perkalian. (2) Penerapan pemberian pekerjaan rumah (PR) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.