Analisis Metode Human Error Identification Penyebab Kecelakaan Kereta Api yang Berhubungan Dengan Pengatur Perjalanan Kereta Api: Studi Literatur
Abstract
ngka kecelakaan kereta api di Indonesia masih relatif tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan
kerugian material maupun korban jiwa. Terdapat beberapa penyebab terjadinya kecelakaan
kereta api antara lain sarana, prasarana, sumber daya manusia (operator), eksternal dan
alam. Dari penyebab tersebut kesalahan sumber daya manusia atau human error merupakan
salah satu penyebab yang banyak terjadi. Data dari Direktorat Jendral Perkeretaapian
Kementrian Perhubungan (2015) menunjukan bahwa faktor manusia menjadi salah satu
penyebab kecelakaan kereta api terbesar, yaitu sebesar 28%, sedangkan penelitian yang lain
menunjukan bahwa faktor manusia memberikan kontribusi sebesar 70% terhadap kecelakaan
kereta api di Indonesia. Kesalahan manusia pada kecelakaan kereta api dapat terjadi pada
operator lapangan, yaitu masinis maupun operator darat yang disebut juga Pengatur
Perjalanan Kereta Api (PPKA) sebagai pengontrol sinyal untuk pelayanan kereta api. Dari
banyak penelitian yang berhubungan dengan kecelakaan kereta api, tidak banyak penelitian
yang membahas tentang identifikasi kecelakaan yang berkaitan dengan PPKA.
Mengklasifikasikan kemungkinan kesalahan dalam cara tertentu merupakan hal yang penting
untuk mendeteksi kecenderungan dari penyebab kecelakaan yang terjadi atau mengidentifikasi
kemungkinan sistem tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan. Pendekatan untuk kasifikasi
error diistilahkan dengan Human Error Identification (HEI). Penelitian ini merupakan studi
awal dalam proses pengembangan metode HEI dalam mengidentifikasi penyebab kecelakaan
kereta api yang melibatkan PPKA. Dalam penelitian ini dikaji literatur-literatur yang
berhubungan dengan metode HEI yang dapat digunakan pada ruang kendali kereta api.
Analisis dilakukan dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan metode HEI yang ada
dalam identifikasi penyebab kecelakaan kereta api. Dari analisis tersebut ditemukan bahwa
terdapat metode HEI yang dapat digunakan dalam menganalisis kecelakaan kereta api yang
mungkin disebabkan oleh PPKA yaitu Technique for the Retrospective and Predictive Analysis
of Cognition Error (TRACEr).