Riset Pasar Food Truck Ayam Bakar
Date
2016-03-23Author
Hanandoko, Theodorus B.
Kapita, Jonatan Umbu Naramburu
Metadata
Show full item recordAbstract
Banyaknya pesaing dan kegagalan dalam mengelola usaha mengakibatkan turunnya omzet
rumah makan Gopar yang berada di Jl. Gatot Subroto, Manding Kabupaten Temanggung.
Pemilik tempat makan memilih berjualan menggunakan kendaraan dengan merancang mobil
yang tersedia dengan peralatan memasak atau biasa disebut food truck. Permasalahan yang
muncul dari akibat pemilihan ini adalah belum adanya informasi minat pasar untuk
merumuskan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Fokus dari penelitian ini yaitu
bagaimana mengetahui minat pasar terhadap inovasi konsep layanan berupa food truck ayam
bakar yang diinginkan oleh pemilik tempat makan Gopar sehingga dapat digunakan untuk
meminimalkan kegagalan usaha. Melalui riset pasar dengan menggunakan metode kuesioner
dan sampling produk diharapkan didapatkan alternatif untuk mengembangkan tempat makan
Gopar. Hasil dari 133 responden berusia 19-40 tahun yang diamati penelitian ini menunjukkan
bahwa 90% responden ingin membeli makanan dan minuman pada layanan food truck.
Pendapat responden sebesar 70% juga menginginkan keberadaan layanan food truck di tempat
keramaian (alun-alun, taman, tempat rekreasi).Mengenai makanan dan minuman yang akan
disajikan pada layanan food truck sebanyak 54% responden lebih menyukai menu makanan
ayam bakar pedas, sedangkan sebanyak 36% responden lebih memilih menu minuman
es/hangat sirup.