Strategi Pengembangan Industri Roti (Studi Kasus di CV Mandiri)
Date
2016-03-23Author
Munawir, Hafidh
Muslimah, Etika
Pratama, Alfin Surya
Metadata
Show full item recordAbstract
Roti merupakan salah satu produk olahan makanan dari tepung terigu yang sangat digemari oleh sebagian besar orang. Berbagai jenis roti dari berbagai perusahaan sangat mudah dijumpai di toko-toko tradisional maupun toko-toko modern. Banyaknya perusahaan yang memproduksi roti, menyebabkan persaingan industri roti sangat ketat. Perusahaan roti dituntut untuk bisa bersaing agar bisa bertahan dan berkembang. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat persaingan produk roti di wonogiri dan memberikan usulan strategi pengembangan industri roti. Penelitian dilakukan di CV Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman suatu perusahaan. Dari analisis SWOT, kemudian dilakukan penentuan strategi pengembangan CV Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kekuatan mempunyai skor 1,891 sedangkan kelemahan 0,692, faktor peluang 1,653 sedangkan ancaman 0,901. Dengan melihat analisis SWOT CV Mandiri tersebut, maka strategi yang cocok untuk CV Mandiri yaitu strategi berkembang (Growth). Strategi berkembang yang dapat dilakukan CV Mandiri yaitu meningkatkan pangsa pasar, mengembangkan produk produk baru, dan meningkatkan kualitas produknya.