Perancangan Strategis Bisnis Bagi Usaha Kecil Sepatu Batok Kelapa
Abstract
Buah Kelapa sebagai bahan komoditi lokal merupakan bahan baku pangan yang sangat
dibutuhkan oleh masyarakat. Kebutuhan ini akan terus meningkat pada masa yang akan
datang mengingat pola hidup masyarakat yang tidak dapat dilepaskan dari kelapa dan hasil
olahan buahnya. Tingginya kebutuhan akan buah kelapa akan berimbas pada banyaknya
limbah yang dihasilkan khususnya limbah batok kelapa. Pemanfaatan limbah batok kelapa
menjadi produk yang bernilai guna merupakan ide kreatif yang dimunculkan oleh CV CoRal
Shoes yang menjadikannya sebagai aksesoris sepatu sehingga tercipta sepatu yang unik dan
berciri khas. Sebagai salah satu unit Usaha Kecil Menengah dalam menghadapi persaingan
yang semakin ketat, sangatlah membutuhkan adanya strategi efektif dalam usaha mencapai
target usaha yang telah ditetapkan. Masih belum dikenalnya produk sepatu khususnya sepatu
batok kelapa dan luas pasar yang masih terbatas, menjadi alasan penelitian manajemen
strategik ini dilakukan. Mengacu pada tahapan manajemen strategik, maka penelitian ini
dilandasi pada tiga tahap, yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa CV CoRal Shoes masih dibawah pesaingnya dalam hal
kualitas dan merk yang belum terkenal. Melalui matriks IE dan Analisis SWOT usaha sepatu
batok kelapa berada posisi pertumbuhan dengan strategi yang dikembangkan adalah strategi
Agresif yang didukung oleh strategi SO. Dari analisis QSPM, strategi yang terpilih adalah
strategi perluasan pasar melalui upaya –upaya pemasaran yang lebih baik tentunya
didukung dengan strategi pengembangan produk melalui perbaikan desain dan kualitas.