Perencanaan Riset Pasar Produk Beras Organik Grade 1
Abstract
Usaha produksi beras organik grade 1 merupakan salah satu pelaku usaha di bidang pangan.
Produsen melakukan pemasaran produknya secara manual dengan mencari pedagang besar
di kota-kota besar dengan sistem kontrak. Tetapi akan menjadi masalah jika tidak ada lagi
kontrak dari pedagang besar di kota-kota besar tersebut. Meskipun sudah melakukan beberapa
inovasi produk seperti memproduksi beberapa varietas beras organik tetap belum bisa
menembus pasar lokal yang ada di daerah setempat. Minimnya pengetahuan pemilik tentang
segmen pasar beras organik menjadi kendala utama daya jual produk ini rendah. Bersumber
dari permasalahan tersebut, pemilik berusaha untuk melacak pertumbuhan pasar beras
organik. Dengan memanfaatkan penelitian ini, pemilik usaha berencana menginovasi kemasan
produk agar lebih menarik dan membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan
media sosial untuk meingkatkan daya jual produk beras organik grade 1. Maka dibutuhkan
informasi tentang minat masyarakat dan segmen pasar terhadap produk tersebut. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mendapatkan hasil rancangan kuesioner yang nantinya akan disebarkan
sesuai target konsumen. Manfaat dari penelitian ini adalah didapatkannya persiapan riset
pasar yang terstruktur baik dalam memperkenalkan produk beras organik grade 1 kepada
responden, dan berkurangnya resiko kesalahan penyusunan pertanyaan kuesioner yang
berakibat pada kesalahan pengumpulan dan interpretasi data primer. Perencanaan riset pasar
diawali melalui metode pengumpulan data dengan cara wawancara dengan pemilik usaha
dilanjutkan analisis data melalui tahapan pengisian Lembar Kerja (Worksheet) untuk
digunakan sebagai pedoman dasar dalam penyusunan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah
berupa 37 butir jumlah pertanyaan kuesioner yang siap disebarkan kepada responden.