Show simple item record

dc.contributor.authorWidya. P, Kresna
dc.contributor.authorHanandoko, Theodorus B.
dc.date.accessioned2016-04-28T06:42:19Z
dc.date.available2016-04-28T06:42:19Z
dc.date.issued2016-03-23
dc.identifier.citationDon, D., Dell, D., & Margaret, D. (2002). Market Research Made Easy (2 ed.). Canada, US Amerca: International Self-Counsel Press Ltd. Handoyo M., J., Irham, Widodo, S., & Widodo, S. (2010). Penguatan Kelembagaan Pemasaran Beras Organik dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Kabupaten Sragen. Priadi, D., Kuswara, T., & Soetisna, U. (2007). Padi Organik versus Non Organik. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, 9. Soegiastuti, J., & Haryanti, C. S. (2013). Model Kinerja Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 1.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7144
dc.description.abstractUsaha produksi beras organik grade 1 merupakan salah satu pelaku usaha di bidang pangan. Produsen melakukan pemasaran produknya secara manual dengan mencari pedagang besar di kota-kota besar dengan sistem kontrak. Tetapi akan menjadi masalah jika tidak ada lagi kontrak dari pedagang besar di kota-kota besar tersebut. Meskipun sudah melakukan beberapa inovasi produk seperti memproduksi beberapa varietas beras organik tetap belum bisa menembus pasar lokal yang ada di daerah setempat. Minimnya pengetahuan pemilik tentang segmen pasar beras organik menjadi kendala utama daya jual produk ini rendah. Bersumber dari permasalahan tersebut, pemilik berusaha untuk melacak pertumbuhan pasar beras organik. Dengan memanfaatkan penelitian ini, pemilik usaha berencana menginovasi kemasan produk agar lebih menarik dan membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial untuk meingkatkan daya jual produk beras organik grade 1. Maka dibutuhkan informasi tentang minat masyarakat dan segmen pasar terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan hasil rancangan kuesioner yang nantinya akan disebarkan sesuai target konsumen. Manfaat dari penelitian ini adalah didapatkannya persiapan riset pasar yang terstruktur baik dalam memperkenalkan produk beras organik grade 1 kepada responden, dan berkurangnya resiko kesalahan penyusunan pertanyaan kuesioner yang berakibat pada kesalahan pengumpulan dan interpretasi data primer. Perencanaan riset pasar diawali melalui metode pengumpulan data dengan cara wawancara dengan pemilik usaha dilanjutkan analisis data melalui tahapan pengisian Lembar Kerja (Worksheet) untuk digunakan sebagai pedoman dasar dalam penyusunan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah berupa 37 butir jumlah pertanyaan kuesioner yang siap disebarkan kepada responden.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectberas organikin_ID
dc.subjectriset pasarin_ID
dc.subjectlembar kerjain_ID
dc.titlePerencanaan Riset Pasar Produk Beras Organik Grade 1in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record