Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 (Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk ; 1) Memberikan gambaran mendalam tentang
Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 2)
Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKG dan
Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 3) Memberikan masukan
untuk perbaikan Program Supervisi Akademik untuk meningkatkan mutu kinerja
guru di SMK Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis program
Penilaian Kinerja Guru dan supervisi akademik yang dijalankan dalam bentuk
studi kasus (case study). Model Evaluasi penelitian ini adalah Goal free
Evaluation Model (Scriven) dengan SWOT Analysis (Strengths Weakness,
Opportunities, Threats) IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS
(Eksternal Factors Analysis Summary). Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi
penelitian adalah kepala sekolah, guru/ tenaga kependidikan dan tenaga non
kependidikan di lingkungan SMK Negeri 1 Salatiga. Untuk mengecek keabsahan
data, penulis menggunakan teknik triangulasi, yaitu 1) Triangulasi data 2)
Triagulasi teknik 3) Triangulasi sumber. Hasil Penelitian dapat dideskripsikan
bahwa Program Penilaian Kinerja guru dan Program Supervisi Akademik
Pendidikan di SMK Negeri 1 Salatiga dengan manajemen lama belum
efektif sehingga perlu perbaikan. Diperlukan model supervisi yang tepat yang
diharapkan mampu membawa perubahan positif kearah peningkatan kinerja guru,
dari model kepemimpinan lama yang masih membayangi langkah kepemimpinan
baru saat ini. Gabungan Model Supervisi Akademik Artistik dan Cooperative
Development secara sinergis dirasa lebih tepat untuk kondisi SMK Negeri 1
Salatiga yang memiliki SDM yang cukup memadai.