Browsing Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS) by Title
Now showing items 1-20 of 29
-
Daftar Isi Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02) -
Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sebuah ... -
Isu-Isu Strategis dalam Meningkatkan Efesiensi, Akuntabilitas, Transparansi dan Meminimalkan Penyalahgunaan Anggaran Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Artikel ini mempunyai tujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan sekolah;(2) akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah,(3) bagaimana meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah. ... -
Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah ... -
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut ... -
Model Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model evaluasi pendidikan karakter yang dapat memberikan informasi bagi pimpinan sekolah dan guru mata pelajaran, baik dari segi isi, cakupan, format maupun waktu penyampaian, ... -
Model Manajemen Pendidikan Seni yang Efektif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Kajian manajemen pendidikan dilakukan untuk memperoleh model manajemen pendidikan seni yang efektif. Potret pendidikan seni di Indonesia belum baik dan tidak efektif. Kurikulum yang ada berimplikasi pada proses belajar ... -
Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Pada Guru SMK Teknik Otomotif di Wilayah Purworejo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Karena itu, profesi guru harus ... -
Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Untuk Materi Overhaul Sepeda Motor Matic
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Teknologi Sepeda motor khususnya pada materi Overhaul ... -
Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya peserta didik, guru, orang tua, dan lingkungan. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses pembelajaran. Setiap aktivitas ... -
Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang?
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan guru terhadap kinerja guru ekonomi akuntansi. Populasi dari penelitian ini terdiri dari guru-guru ekonomi akuntansi SMA/SMK ... -
Pengantar Editor & Laporan Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02) -
Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan penelitian mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran akuntansi kurikulum 2013 di Sekolah Menengangah Kejuruan. Jenis penelitian research and development. Subyek penelitian guru akuntansi SMK di Surakarta. ... -
Pengembangan Accounting Electronic Module Berbantuan Program Aplikasi Accurate Accounting V5 Untuk Siswa SMK Kelas XI Program Keahlian Akuntansi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pembelajaran berupa Accounting electronic module berbantuan program aplikasi accurate accounting v 5 untuk siswa SMK kelas XI program keahlian ... -
Pengembangan Karier Fungsional Guru Pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menemukan teori substantif tentang: Pengembangan karier fungsional guru pada tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.Penelitian ini menggunakan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “Gedutan” dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK – BM Se- Kota Medan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Akuntansi sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit, rumit dan membosankan bagi siswa. Hal ini biasa terjadi pada siswa SMK kelas X yang baru mengenal akuntansi. Anggapan negatif terhadap akuntansi salah satunya dipengaruhi ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Melalui ”Mebery” (Metode Bernyanyi) Pada Kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Salatiga Semester Gasal Tahun 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Pengantar akuntansi pada peserta didik kelas X akuntansi 3 tahun pelajaran 2014 /2015 dengan pembelajaran MEBERY ( Metode Bernyanyi). ... -
Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui “Tebar Pesona” dan PjBL Pada Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan ... -
Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016 (Solusi Perubahan dengan Gabungan Model Supervisi Akademik Artistic Model dan Cooperative Development Model)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Tujuan Penelitian ini adalah untuk ; 1) Memberikan gambaran mendalam tentang Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKG ... -
Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn Melalui Penelitian Tindakan Kelas (Studi Kasus di SD Negeri Kartasura 5)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-04-02)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasarkan atas banyaknya kompleksnya permasalahan dihadapi oleh guru SD dalam melakukan ...