Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman, jenis kelamin, dan
tingkat pendidikan guru terhadap kinerja guru ekonomi akuntansi. Populasi dari
penelitian ini terdiri dari guru-guru ekonomi akuntansi SMA/SMK di Kota
Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan
penelitian sensus dimana semua populasi merupakan responden. Hasil penelitian
ini menunjukkan kinerja guru ekonomi/akuntansi tidak dipengaruhi oleh jenis
kelamin. Tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru
ekonomi. Meskipun pengalaman berpengaruh signifikan, hal tersebut hanya
terjadi pada guru dengan pengalaman yang rendah dan menengah, setelah
memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, kinerja guru ekonomi/akuntansi
cenderung menurun.