Pentingnya Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK
View/ Open
Date
2016-04-02Author
Maryati, Tri
Elmunsyah, Hakkun
Sutadji, Eddy
Metadata
Show full item recordAbstract
Kompetesi di dunia kerja mengisyaratkan lulusan harus mampu beradaptasi dan
berdaya saing, maka mutlak dibutuhkan kemampuan untuk menjadi pebelajar
sepanjang hayat (life long learning). Untuk dapat menjadi pembelajar mandiri
siswa harus mempunyai kesadaran metakognitif. Kesadaran metakognisi telah
banyak diteliti hampir di semua bidang keilmuan termasuk bidang pendidikan
kejuruan, namun masih belum banyak yang membahas tentang faktor-faktor apa
yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kesadaran metakognitif.
Berdasarkan hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kesadaran
metakognitif berkontribusi positif terhadap prestasi belajar siswa (Sart,
2014;Miranda, 2010;Saripudin, 2007; Rahman dan Phillips, 2006; Jayapraba,
2013a; Amin dan Sukestiyarso, 2015). Pentingnya menumbuhkan kesadaran
metakognitif agar pembelajaran menjadi berkualitas maka faktor yang
mempengaruhinya menjadi sangat urgen diketahui oleh pendidik di bidang
pendidikan kejuruan salah satunya adalah keterampilan mengajar guru.
Keterampilan mengajar guru merupakan salah satu indikator profesionalitas guru
dalam mendidik. Sehingga pengembangan profesionalitas guru ini penting untuk
mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMK.