Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
View/ Open
Date
2016-04-02Author
Hartiningtyas, Lativa
Purnomo
Elmunsyah, Hakkun
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan berupaya untuk mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik agar
siap memasuki dunia kerja dan masyarakat. Salah satu komponen penyelenggara
pendidikan yang memiliki peran penting adalah guru. Guru dituntut untuk
memiliki kompetensi seperti yang diharapkan oleh UU dan peraturan pemerintah
dan harus aktif mengaktualisasi diri yaitu dengan mengembangkan suasana
pembelajaran agar lebih menarik dan mendorong siswa untuk belajar,
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan, serta mampu
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
Pemerintah telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi
lainnya sebagai tenaga profesional dengan harapan dapat meningkatkan mutu
pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran memiliki peran penting proses
pembelajaran di dalam kelas yang akan berdampak pada peningkatan mutu
pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional sebagai
bekal untuk mendidik siswa. Kompetensi pedagogik mengenai ilmu tentang
belajar dan pembelajaran, bagaimana melaksanakan pembelajaran yang baik dan
efektif, dan bagaimana membelajarkan siswa agar memahami materi
pembelajaran. Sedangkan kompetensi profesional adalah mengenai isi materi
pembelajaran atau substansi ilmu mengenai materi pembelajaran. Guru harus
senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, menuntut guru untuk
selalu up-to-date dengan teknologi terkini. Agar seorang guru dapat selalu
meningkatkan kualitas kompetensinya, pemerintah menyelenggarakan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru agar senantiasa
menjadi seorang guru yang kompeten.