• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Evaluasi Pendidikan Karakter di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 15.pdf (215.8Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Sugiharto, Hari
    Wijono, Slamet
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model evaluasi pendidikan karakter yang dapat memberikan informasi bagi pimpinan sekolah dan guru mata pelajaran, baik dari segi isi, cakupan, format maupun waktu penyampaian, serta bermanfaat bagi pendidikan karakter di SMA. Subjek coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 SMA di DKI Jakarta. Dari setiap SMA dipilih satu kelas yaitu kelas XI. Subjek coba dalam penelitian ini mencakup siswa dan guru mata pelajaran yang mengajar di kelas tersebut. Model evaluasi pendidikan karakter (EPENKAR) dikembangkan melalui tiga tahap, yaitu FGD, ujicoba skala kecil, dan ujicoba skala luas. Untuk menjaring data yang diperlukan, peneliti menggunakan instrumen berupa, angket, implementasi dan aktualisasi. Instrumen divalidasi dengan teknik validitas konstruk menggunakan Confirmatory factor analysis (CFA) untuk menguji kecocokan model pengukuran. Structural equation modeling (SEM) digunakan untuk menganalisis kecocokan model evaluasi. Keduanya menggunakan LISREL 8,80 untuk menganalisis data. Kecocokan model, baik model pengukuran maupun model evaluasi, menggunakan kriteria: 1) nilai muatan faktor () > 0,3; 2) probabilitas atau P-value > 0,05; dan 3) Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) < 0,05; Goodness of Fit Index (GFI) > 0,9. Hasil analisis data penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Model EPENKAR dinilai sebagai model yang baik untuk mengevaluasi pendidikan karakter di SMA. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian para pakar, pemakai (user), maupun praktisi pendidikan karakter serta hasil analisis dengan program LISREL 8,80 yang menunjukkan adanya kesesuaian antara model hipotetis EPENKAR dengan data lapangan untuk angket (p-value = 0, 140; GFI = 0,96 dan RMSEA = 0,023), implementasi untuk guru (pvalue = 0,056; GFI = 0.96; RMSEA = 0.025); aktualisasi (p-value = 0,399; GFI = 0.98; RMSEA = 0.010); implementasi untuk siswa (p-value = 0,239; GFI = 0,99; RMSEA = 0,011). (2) Hasil penilaian pakar, pemakai (user) dan praktisi menunjukkan bahwa panduan evaluasi model EPENKAR baik digunakan sebagai acuan implementasi model di lapangan. (3) Model EPENKAR bermanfaat untuk menentukan nilai, kekuatan, dan kelemahan pendidikan karakter yang ditujukan untuk merevisi guna meningkatkan daya tarik dan efektivitasnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7280
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV